Salin Artikel

Mi Band 6 Jadikan Xiaomi Raja "Wearable" Dunia Kalahkan Apple

KOMPAS.com - Xiaomi kembali mencatatkan performa positif. Kali ini bukan dari segmen smartphone, melainkan perangkat wearable.

Berdasarkan laporan terbaru dari firma riset Canalys, Xiaomi menjadi produsen perangkat wearable nomor satu di dunia, dengan pangsa pasar 19,6 persen secara global pada kuartal II-2021.

Jumlah pengiriman perangkat wearable Xiaomi juga mengalami kenaikan 2,6 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, dengan jumlah pengiriman mencapai 8 juta unit.

Dengan demikian, Xiaomi mengalahkan Apple yang berada di peringkat kedua, dengan pangsa sebesar 19,3 persen.

Menurut analis Canalys, Cynthia Chen, pencapaian Xiaomi ini dipicu oleh keberhasilan gelang pintar (smartband) Xiaomi Mi Band 6 di pasar. Momentum yang tepat untuk meluncurkan Mi Band 6 juga dinilai menjadi salah satu faktor keberhasilan Xiaomi menjadi nomor satu.

"Langkah yang diambil Xiaomi untuk mempercepat peluncuran Mi Band 6, membuat perangkat ini diminati banyak orang dibandingkan pendahulunya," ungkap Chen.

Apple sendiri bertahan di peringkat kedua berkat penjualan Apple Watch. Pengiriman perangkat wearable Apple tercatat mencapai 7,9 juta unit, atau tumbuh 29,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Di bawah Apple ada Huawei yang tercatat memiliki pangsa pasar wearable sebesar 9,2 persen dengan angka pengiriman 3,7 juta unit di kuartal II-2021. Meski berada di urutan ketiga, Huawei justru mengalami penurunan mencapai 53,9 persen.

Posisi selanjutnya ditempati oleh Fitbit yang mengirimkan 3 juta unit perangkat wearable dengan pangsa pasar 7,3 persen, atau meningkat 20,6 persen dibandingkan kuartal II tahun lalu.

Peningkatan signifikan ditunjukkan Samsung yang berada di urutan kelima dengan persentasi pertumbuhan 114,1 persen. Pabrikan asal Korea Selatan itu berhasil menjual 2,5 juta unit wearable pada kuartal II-2021.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Senin (6/9/2021), pangsa pasar Samsung pada kuartal II-2021 tercatat mencapai 6,1 persen.

Secara keseluruhan, jumlah pengiriman perangkat wearable memang meningkat dari tahun sebelumnya. Hingga kuartal II-2021, tercatat ada 40,9 juta unit perangkat wearable yang dijual secara global, naik 5,6 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Pasar smartwatch global kuartal II-2021

Untuk segmen perangkat smartwatch, Apple duduk di peringkat pertama dengan angka pengiriman sebanyak 7,9 juta unit di kuartal II-2021.

Huawei dan Garmin juga tercatat masuk dalam 5 besar produsen perangkat smartwatch global.

Huawei mengekor Apple di posisi kedua, sementara Garmin duduk di posisi ketiga dengan angka pengiriman masing-masing sebanyak 2,3 juta dan 1,9 juta unit smartwatch.

Selanjutnya, di posisi keempat dan kelima ada Samsung dan Xiaomi yang masing-masing mengirimkan 1,8 juta dan 1,5 juta unit smartwatch di kuartal II-2021.

Pengiriman smartwatch Xiaomi sendiri meningkat paling masif, yakni mencapai 272,6 persen dari pengiriman 400.000 unit tahun lalu menjadi 1,5 juta unit di tahun ini.

Sementara Huawei menjadi yang paling banyak mengalami penurunan pengiriman, yakni sebesar 33,9 persen.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/06/12030067/mi-band-6-jadikan-xiaomi-raja-wearable-dunia-kalahkan-apple

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.