Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amazon Perkenalkan Astro, Robot Pintar Penjaga Rumah

Astro dirancang sebagai robot pintar yang bisa mengawasi keadaan rumah dengan kamera. Agar lebih bersahabat dengan pengguna, Astro diklaim memiliki "persona" unik, yang ditampilkan lewat hal-hal seperti sepasang "mata" di layar dan berbagai bebunyian.

Untuk melihat keadaan di rumah, Astro menggunakan kamera periskop (1080p, bidang pandang 132 derajat) yang menjulang dari punggungnya. Ketinggian kamera dapat diatur.

Menurut Amazon, di aplikasi pendampingnya nanti juga ada perintah-perintah untuk mengecek ruangan di rumah, anggota keluarga, binatang peliharaan, atau benda-benda tertenti.

"Saat Anda sedang tidak di rumah, Ia akan berpatroli, menyelidiki aktivitas, serta mengirimkan notifikasi ke Anda apabila ada sesuatu yang tidak biasa," tulis Amazon. Pengguna juga bisa merekam video dari kamera Astro si robot.

Bagian "mata" Astro tak lain merupakan layar sentuh 10 inci (1.280 x 720 piksel) yang turut dibekali kamera 5 MP di bagian bingkainya.

Amazon mencontohkan beberapa skenario lain untuk penggunaan Astro. Misalnya, Astro bisa dipakai untuk melakukan video call sambil berjalan keliling rumah. Saat pengguna menghubungi seseorang di rumah, Astro juga bisa mencarinya untuk menerima panggilan.

Untuks saat ini, Astro hanya bisa dipesan secara invite-only dengan mendaftar di situs Amazon. Harganya dipatok sebesar 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 14,3 juta. Saat sudah dirilis secara meluas di kemudian waktu, harganya akan naik menjadi 1.450 dollar AS (Rp 20,8 juta).

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/30/07380057/amazon-perkenalkan-astro-robot-pintar-penjaga-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke