Salin Artikel

Cara Menghapus Banyak Kontak Sekaligus di iPhone

KOMPAS.com - Bagi pengguna iPhone mungkin sudah tak asing lagi dengan persoalan sulitnya untuk menghapus semua kontak nomor telepon yang tersimpan di perangkat. Cara menghapus kontak di iPhone hanya bisa dilakukan satu per satu.

Hingga dikeluarkannya versi sistem operasi terbaru iOS 15.4.1, iPhone tidak dibekali opsi khusus di aplikasi bawaan bernama “Kontak” yang memungkinkan pengguna untuk menghapus banyak kontak secara sekaligus.

Untuk menghapus semua kontak di iPhone, pengguna perlu melakukannya satu per satu. Caranya dengan membuka aplikasi “Kontak”, kemudian memilih nama kontak yang ingin dihapus. Setelah itu, klik opsi “Edit” lalu gulir ke bawah dan pilih opsi “Hapus Kontak”.

Langkah itu harus dilakukan berulang kali hingga dipastikan semua kontak yang tersimpan di iPhone telah terhapus. Mungkin bakal cukup merepotkan bila harus mengulangi langkah itu. Lantas, bagaimana cara menghapus semua kontak di iPhone?

Sebenarnya terdapat cara menghapus banyak kontak sekaligus di iPhone, namun bukan melalui aplikasi bawaan “Kontak, melainkan lewat pengaturan iCloud dan e-mail.

Perlu diketahui, kontak yang tersimpan di iPhone itu salah satu sumbernya berasal dari kontak yang tercadangkan di akun iCloud dan e-mail. Semua kontak yang tercadangkan dari akun tersebut itulah yang bisa dihapus secara sekaligus.

Dengan demikian, cara menghapus banyak kontak sekaligus di iPhone hanya bisa dilakukan pada daftar nomor telepon yang telah tercadangkan di akun iCloud dan e-mail. Sedangkan kontak yang tidak tercadangkan, tetap harus dihapus satu per satu di aplikasi “Kontak”.

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan cara menghapus semua kontak di iPhone lewat pengaturan iCloud dan e-mail.

Dengan memilih opsi tersebut, semua kontak di iPhone yang tertaut dan tercadangkan di iCloud bakal terhapus dari perangkat. Pengguna tidak bisa menyeleksi kontak mana saja yang bakal terhapus.

Selain cara di atas, menghapus semua kontak di iPhone bisa juga dilakukan lewat pengaturan akun e-mail. Syaratnya sama, kontak harus telah tertaut dan tercadangkan dengan akun e-mail terlebih dulu sebelum bisa terhapus semuanya.

Menghapus kontak yang tercadangkan di akun e-mail juga tidak bisa diseleksi terlebih dahulu, semuanya akan secara otomatis terhapus dari iPhone.

Sementara itu, cara di atas dijajal menggunakan iPhone dengan iOS 15.4.1. Beda versi sistem operasi, mungkin bakal beda juga letak opsinya. Demikian cara menghapus banyak kontak sekaligus di iPhone, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/05/12150057/cara-menghapus-banyak-kontak-sekaligus-di-iphone

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.