Salin Artikel

Apple Umumkan Lockdown Mode untuk iPhone, iPad, dan Mac

KOMPAS.com - Apple mengumumkan fitur keamanan baru untuk sejumlah perangkatnya yang disebut "Lockdown Mode". 

Apple juga mengatakan bahwa mode ini menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, karena ditujukan untuk melindungi orang-orang tertentu yang berpotensi mendapat ancaman keamanan yang canggih.

Misalnya, spyware (malware pengintai) yang menargetkan tentara bayaran yang didukung oleh negara atau semacamnya.

Kendati menyasar orang-orang tertentu, fitur ini kemungkinan akan tersedia bagi semua pengguna iPhone, iPad, dan Mac setelah pengujian tuntas.

"Lockdown Mode adalah terobosan yang mencerminkan komitmen kami untuk melindungi pengguna dari serangan paling langka dan paling canggih," kata Kepala Teknik Keamanan Apple, Ivan Krsti? dalam keterangan resmi, dikutip KompasTekno dari MacRumors, Kamis (7/7/2022). 

"Meski sebagian besar pengguna tidak akan pernah menjadi korban serangan siber yang sangat ditargetkan, kami akan berupaya melindungi sejumlah kecil pengguna yang menjadi korban," imbuhnya.

Ketika Lockdown Mode diaktifkan di perangkat Apple, kemudian fitur perangkat, aplikasi dan situs web akan diperketat guna mengurangi potensi seranga siber dan memperkuat keamanan perangkat. Berikut detail pengetatan yang akan dilakukan:

  • Pada aplikasi Pesan (Messages), sebagian besar jenis lampiran selain gambar akan diblokir. Beberapa fitur termasuk fitur pratinjau tautan juga tidak akan tersedia.

  • Panggilan FaceTime dari orang yang belum dikenali pengguna sebelumnya, akan diblokir. Undangan untuk masuk ke layanan Apple lainnya dari orang asing juga akan diblokir.

  • Beberapa teknologi web yang kompleks dan fitur browsing, termasuk JavaScript just-in-time (JIT) akan dinonaktifkan. Namun pengguna bisa mengecualikan situs yang dinilai terpercaya. Batasan ini akan diterapkan untuk Safari dan semua peramban yang memakai WebKit di iPhone, iPad dan Mac.

  • Fitur "shared album" akan dihapus dari aplikasi "Photos". Kemudian undangan baru shared album akan diblokir.

  • Ketika perangkat terkunci, koneksi kabel dengan perangkat/aksesori lainnya akan diblokir.

    Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Lockdown Mode sudah diaktifkan untuk iOS 16, iPadOS 16 dan macOS Ventura versi beta ketiga yang dirilis Apple Rabu, (6/7).

    Fitur ini akan tersedia bagi semua pengguna ketika beberapa sistem opersi baru Apple tersebut dirilis akhir tahun ini.

    Fitur Lockdown Mode nantinya akan diatur dalam keadaan non-aktif secara default. Jadi pengguna yang ingin mengaktifkan mode ini bisa mengunjungi menu Pengaturan/Settings atau System Settings, kemudian pilih opsi Privasi dan Keamanan.

    Mode ini juga dapat diaktifkan kapanpun ketika pengguna perlukan. Namun perlu diingat bahwa aktivasi Lockdown Mode akan membuat perangkat memuat ulang (restart) dan mengharuskan pengguna memasukkan kode sandi perangkat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/07/09350077/apple-umumkan-lockdown-mode-untuk-iphone-ipad-dan-mac

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.