Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Instagram Kini Bisa Belanja dan Bayar via Chat di DM IG

Dengan begitu, pengguna Instagram dan pelaku usaha yang memasarkan produknya lewat Instagram, tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk bertransaksi.

Pengumuman fitur baru ini diunggah Zuckerberg melalui Instagram pribadinya dengan handle @zuck, Senin (18/7/2022). Zuckerberg menuliskan bahwa fitur pembayaran tersebut sudah bisa digunakan hanya dengan beberapa ketukan saja.

Untuk saat ini, fitur Payment in Chat baru tersedia di Amerika Serikat saja.

“Anda (pengguna Instagram) sudah dapat membeli produk dari usaha kecil dan melacak pesanan Anda di dalam obrolan di Instagram di Amerika Serikat. Bayar dengan Meta Pay dan checkout dalam beberapa ketukan.” tulis Zuckerberg dalam pengumuman tersebut.

Secara umum, langkah pengiriman pesan di Instagram untuk transaksi, sebenarnya masih sama dan tidak jauh berbeda dengan chatting via DM IG seperti biasa. Pengguna tinggal mengetuk ikon “Direct Message” yang terletak di bawah unggahan akun atau mengetuk tombol “Message” yang terdapat di laman “Profile” akun bisnis.

Perbedaannya hanya terletak pada fitur pembayaran yang bisa dilakukan langsung di dalam obrolan. Pengguna juga bisa melacak pesanan yang dipesan hingga mengajukan pertanyaan seputar produk lewat DM Instagram, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Saat pembeli setuju untuk membeli produk tersebut, penjual tersebut akan mengirim permintaan pembayaran. Permintaan tersebut akan dihadirkan bersama tombol “Pay” atau “Bayar”.

Nantinya, akan muncul laman informasi detail mengenai kepada siapa pembeli membayar, metode pembayaran yang dipakai, alamat pengiriman, produk dan harga yang dibeli, biaya pengiriman, dan berbagai rincian lainnya.

Calon pembeli bisa langsung mengeklik tombol “Pay”, jika telah menyetujui dan yakin untuk membeli barang tersebut. Berdasarkan gambar di atas, disebutkan kalau pembeli menggunakan metode pembayaran PayPal.

Lalu, setelah menetapkan harga, penjual perlu mengisi alamat pengiriman dan mengeklik tombol "Continue" untuk melanjutkan permintaan pembayaran ke pembeli.

Meta mengeklaim pelaku usaha kecil di Amerika Serikat yang belum menggunakan Instagram Shop, sudah dapat menikmati fitur Payment in Chat ini untuk berdikskusi, melakukan pemesanan, dan menerima pembayaran tanpa harus berpindah ke aplikasi lain.

Seperti yang diketahui, Instagram kerap kali melakukan pembaruan untuk membantu akun-akun kecil menjalankan bisnisnya. Mulai dari Intagram Shop yang diluncurkan pada 2021 lalu, hingga fitur Payment in Chat terbarunya ini.

Fitur ini merupakan bagian dari ekosistem sistem pembayaran "Meta Pay", yang awalnya bernama "Facebook Pay". Meskipun sudah berganti nama, Meta Pay masih tetap mengakomodasi pembayaran untuk Facebook, Messenger, Instagram, hingga Whatsapp.

Perubahan tersebut dilakukan Meta untuk dapat mengeksplorasi "pengalaman dari dompet tunggal" saat melakukan pembayaran digital ataupun menyimpan identitas dan aset digital pengguna. 

Jadi, selain menyajikan layanan pembayaran, diharapkan dompet digital ini bisa menjadi bukti kepemilikan digital juga, seperti beli pakaian digital, item seni, dan sebagainya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/19/14300007/pengguna-instagram-kini-bisa-belanja-dan-bayar-via-chat-di-dm-ig

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke