Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qualcomm RIlis Chip Snapdragon W5 Gen 1 dan W5 Plus Gen 1 untuk Smartwatch dkk

KOMPAS.com - Qualcomm resmi meluncurkan dua chipset terbarunya untuk produk aksesori pintar yang bisa dipakai alias wearable, seperti smartwatch, smartband, dll. Kedua chipset tersebut diberi nama Snapdragon W5 Gen 1 dan Snapdragon W5 Plus Gen 1.

Jika dilihat dari namanya, Qualcomm tampaknya mulai menghilangkan nama "Wear" untuk chipset wearable mereka. Kemungkinan, kata "wearable" kini disingkat dengan huruf "W" yang diikuti nomor serinya.

Kendati demikian, Snapdragon W5 Gen 1 dan Snapdragon W5 Plus Gen 1 tetap merupakan penerus dari Snapdragon Wear 4100 dan 4100 Plus.

Sebagai suksesor, kedua chipset tersebut diklaim memiliki peningkatan performa yang signifikan. Dari segi teknologi fabrikasi, misalnya, kedua chipset itu kompak dirancang menggunakan proses 4 nanometer (nm), alih-alih 12 nm.

Secara spesifikasi, Snapdragon W5 Gen 1 dan W5 Plus Gen 1 memiliki kemampuan yang nyaris identik. Keduanya ditenagai dengan prosesor (CPU) empat inti (quad core) Cortex A53 yang dipadukan dengan pengolah grafis A702.

Hanya saja, varian "Plus" sedikit lebih mumpuni lantaran dibekali dengan satu CPU ekstra (Cortex M55) yang berfungsi untuk menopang sejumlah kinerja perangkat wearable ketika dalam mode hemat daya.

Dengan begitu, beberapa fungsi perangkat wearable yang berjalan di sistem (background) macam Bluetooth, WiFi, GNSS, audio playback, pengiriman notifikasi, dan lain sebagainya kini bakal diproses di CPU Cortex M55, tak lagi di CPU utama (Cortex A53).

Di luar dari prosesor Cortex M55 yang juga disebut sebagai AON (Always On) Co-Processor tersebut, Snapdragon W5 Gen 1 dan W5 Plus Gen 1 turut dibekali dengan dukungan memori berjenis LPDDR4 (2133 MHz) dan chip Machine Learning U55.

Berkat berbagai peningkatan ini, Qualcomm mengeklaim bahwa Snapdragon W5 Plus Gen 1 bisa memberikan peningkatan performa dua kali lipat dari Snapdragon Wear 4100 Plus, namun tetap lebih hemat daya.

Qualcomm tidak mengumbar kapan perangkat wearable yang ditenagai Snapdragon W5 atau W5 Plus Gen 1 bisa dibeli dan dijajal khalayak.

Namun, mereka memastikan bahwa sudah ada sekitar 25 produk atau desain wearable yang bakal menggunakan Snapdragon W5 Gen 1 dan W5 Plus Gen 1, di mana produk pertamanya diklaim berasal dari Mobvoi dan Oppo.

Konon, produk dari Oppo merupakan Oppo Watch 3 yang diprediksi bakal dirilis pada Agustus mendatang. Belum bisa dipastikan apakah kabar tersebut benar atau tidak.

Nantinya, produk wearable yang menggunakan Snapdragon W5 Plus Gen 1 disebut bakal berasal dari kategori premium alias flagship, sedangkan perangkat yang memakai Snapdragon W5 Gen 1 bakal menyasar ke kategori pasar yang lebih beragam.

Adapun referensi desain produk wearable tersebut diklaim Qualcomm bakal dirancang oleh dua perusahaan yang bernama Compel dan Pegatron, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (21/7/2022).

Dengan desain dari kedua perusahaan tersebut, vendor-vendor wearable yang bakal memanfaatkan kebolehan Snapdragon W5 Gen 1 dan W5 Plus Gen 1 diharapkan mampu  memproduksi produk wearable mereka secara efisien.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/21/07000037/qualcomm-rilis-chip-snapdragon-w5-gen-1-dan-w5-plus-gen-1-untuk-smartwatch-dkk

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.