Salin Artikel

Spotify Pisah Tombol Play dan Shuffle di Versi Mobile, tapi Ada Syaratnya

Hanya saja ada syaratnya. Tombol “shuffle” dan “play” yang terpisah di versi mobile hanya akan bisa didapati oleh pelanggan Spotify Premium atau pengguna berbayar saja. Sebab, selama ini hanya pengguna Spotify Premium saja yang bisa memilih lagu, sementara pengguna "gratisan" akan disuguhkan opsi pemutaran lagu secara acak.

Tombol play dan shuffle terpisah ini akan digulirkan Spotify untuk platform Android maupun iOS dalam beberapa pekan ke depan.

Apabila sudah mendarat, letak tombol Play dan shuffle akan mudah ditemui. Pasalnya, posisi mereka tidak berubah, yakni ada di sisi kanan bawah thumbnail album yang diputar.

Hanya saja, kedua fungsi itu kini sudah terpisah, di mana tombol shuffle di sebelah kiri dan tombol Play di sebelah kanan.

“Perubahan baru ini akan memungkinkan pengguna untuk memilih mode yang Anda inginkan di bagian atas daftar putar, album, dan mendengarkan (musik) seperti yang Anda inginkan,” tulis Spotify dalam blog resminya, Senin (1/8/2022).

Dikutip dari Tech Crunch, Selasa (2/8/2022), pembaruan tombol “shuffle” dan “play” di Spotify adalah jawaban atas keresahan para pengguna yang selama ini “tergganggu” dengan tampilan antarmuka/UI Spotify.

Untuk diketahui, tampilan tombol play dan shuffle berbeda antara Spotify versi mobile dan desktop. Di versi mobile, dua tombol tersebut digabung dalam satu tombol. Jadi, bila pengguna ingin memutar musik secara acak, mereka harus memilih satu lagu terlebih dahulu dan masuk ke laman “Now Playing” untuk mengaktifkan fitur “Shuffle”.

Sedangkan, versi desktop, tombol “Play” berdiri sendiri, tidak tergabung dengan fitur “Shuffle”. Sehingga pengguna yang ingin memutar lagu secara acak, bisa dilakukan lebih mudah dan cepat dari laman utama.

Dikarenakan tampilan antarmuka yang rumit dan berbeda antara mobile dan desktop, pengguna menyarankan Spotify untuk menyeragamkan tampilan di kedua versi, yakni memisah tombol “shuffle” dan “play”.

Sehingga, pengguna bisa bebas memilih, apakah ingin mendengarkan lagu secara urut sesuai playlist atau ingin mengacaknya. Aspirasi itu disampaikan salah satu pengguna dalam blog komunitas Spotify dan mendapatkan 648 dukungan (votes).

Ubah fitur shuffle "demi" Adele

Ini bukan kali pertama Spotify melakukan perubahan untuk fitur shuffle. Sebelumnya, platform asal Swedia itu juga telah mengubah setelah tombol shuffle, yakni menon-aktifkan opsi default di album Spotify.

Selama ini, tombol shuffle menjadi tombol default di album lagu, membuat lagu-lagu di dalam album tersebut diputar secara acak. Sehingga, beberapa pendengar Adele mungkn saja mendengarkan album barunya, "30" secara acak.

Padahal, menurut Adele, playlist (daftar putar) di album itu sudah disusun sedemikian rupa agar tersampaikan makna lagunya. Karena itu, Adele meminta Spotify agar playlist album "30" bisa didengar secara berurutan dengan lebih mudah.

"Kami membuat album dengan sangat hati-hati dan menyusun daftar lagu bukan tanpa alasan. Seni kita mengisahkan cerita, dan cerita kita harus didengar sebagaimana yang kita harapkan" ujar Adele dalam sebuah unggahan Twitter yang diposting bulan November tahun lalu.

"Apapun untuk Adele," begitu balasan Twit dari Spotify.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/02/19300027/spotify-pisah-tombol-play-dan-shuffle-di-versi-mobile-tapi-ada-syaratnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.