Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Fitur Komunitas yang Tengah Ramai di Twitter, Mirip Grup Facebook

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan tengah ramai di Twitter, para pengguna membicarakan seputar fitur komunitas. Sebagian di antaranya, dijumpai pula pengguna yang membagikan semacam undangan untuk bergabung ke komunitas di Twitter.

Misalnnya, undangan untuk gabung ke komunitas di Twitter yang dibagikan melalui unggahan Tweet dari akun dengan handle @eupnseok, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Pengguna lain yang ingin bergabung ke komunitas tersebut tinggal klik opsi “Lihat Komunitas” dan pilih opsi “Gabung” ketika halamannya telah terbuka.

Sementara itu, kendati tengah ramai dibicarakan akhir-akhir ini, namun komunitas di Twitter sendiri sejatinya bukanlah sebuah fitur baru. Melalui unggahan di blog perusahaan, komunitas Twitter telah dikenalkan sejak 9 September 2021.

Kemudian, dari tanggal tersebut, fitur komunitas Twitter digelontorkan secara bertahap ke semua pengguna. Bila ingin memahami lebih lanjut mengenai fitur ini, berikut KompasTekno rangkumkan apa yang dimaksud dengan komunitas Twitter

Apa itu komunitas Twitter?

Secara sederhana, komunitas Twitter adalah fitur berupa wadah atau forum berisi sekelompok pengguna dengan minat dan ketertarikan yang sama, misal minat untuk jual-beli barang, ketertarikan bahasan masalah teknologi, dan sebagainya.

Bentuk dari fitur ini bisa dikatakan hampir mirip seperti grup Facebook. Namun, opsi dan halaman komunitas Twitter tidak bakal muncul secara otomatis di layar aplikasi selayaknya opsi grup di Facebook.

Dikutip dari laman help Twitter, untuk memunculkan opsi dari fitur tersebut, pengguna perlu bergabung dulu ke komunitas tertentu. Cara gabung komunitas bisa melalui undangan yang dibagikan oleh pengguna lain seperti Tweet yang diunggah oleh @eupnseok di atas.

Setelah bergabung, opsi komunitas Twitter dengan ikon berbentuk seperti dua orang, bakal ditambahkan di bagian bawah sisi tengah layar aplikasi, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Lewat ikon tersebut, pengguna bisa mengakses halaman linimasa komunitas. Semua unggahan Tweet dan jenis interaksi lainnya yang bersumber dari komunitas bakal ditampilkan di halaman linimasa tersebut.

Interaksi dari komunitas itu tidak akan ditampilkan di halaman linimasa utama. Jadi, untuk melihat Tweet terbaru dari komunitas, pengguna hanya bisa memantaunya di halaman linimasa komunitas.

Untuk lebih memudahkan dalam memahami apa itu komunitas Twitter, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai daftar fitur yang tersedia di dalamnya.

Fitur komunitas Twitter

1. Terdapat admin, moderator, dan anggota biasa

Di komunitas Twitter, terdapat tiga jenis anggota, yakni admin, moderator, dan anggota biasa. Admin merupakan pengguna yang membuat komunitas. Admin memiliki kemampuan untuk menambah anggota biasa, memilih moderator, dan mengeluarkan anggota.

Kemudian, ada pula moderator yang memiliki kemampuan untuk memantau dan melaporkan pada admin bila terdapat interaksi yang dinilai melanggar peraturan dalam komunitas. Moderator juga dapat mengundang dan mengeluarkan anggota.

Untuk anggota biasa, kemampuannya cukup terbatas. Anggota biasa hanya bisa mengundang anggota lain bila keanggotaan komunitas diatur secara terbuka oleh admin (siapa pun boleh gabung tanpa persetujuan admin atau moderator).

2. Informasi peraturan komunitas

Setiap komunitas di Twitter terdapat peraturan yang dibuat oleh admin dan wajib diikuti oleh semua anggota di dalamnya. Informasi peraturan komunitas ini bisa diakses semua anggota di opsi “About” pada halaman profil komunitas.

3. Mengundang anggota

Layaknya fitur grup di Facebook, komunitas di Twitter juga memiliki fitur untuk mengundang anggota. Admin dan moderator memiliki kebebasan untuk mengundang anggota sebanyak-banyak. Tidak ada batasan jumlah anggota dalam satu komunitas Twitter.

Sedangkan anggota biasa, seperti yang sempat disebut di atas, kemampuannya terbatas dalam hal mengundang anggota lain. Anggota biasa tidak bisa mengundang jika keanggotaan komunitas diatur secara tertutup (butuh persetujuan admin atau moderator).

Untuk mengundang anggota lain, caranya bisa dengan mengakses opsi “Undang” yang tertera di halaman profil komunitas. Selanjutnya, pilih beberapa akun pengguna lain untuk diajak bergabung ke komunitas.

4. Kirim Tweet ke komunitas

Setiap anggota bisa mengirim Tweet di komunitas. Tweet yang dikirim ke komunitas hanya bisa muncul di halaman linimasa dan profil komunitas. Tweet tersebut tidak akan ditayangkan pada halaman profil anggota.

Untuk mengirim Tweet ke komunitas, caranya klik ikon tambah yang tertera di halaman linimasa komunitas. Pilih komunitas sebagai target mengirim Tweet. Selanjutnya, tinggal buat Tweet dan kirim.

Demikianlah penjelasan seputar komunitas di Twitter beserta fitur-fiturnya. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca langsung di tautan ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/26/12150097/mengenal-fitur-komunitas-yang-tengah-ramai-di-twitter-mirip-grup-facebook

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke