Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesan Pertama Menjajal Oppo A77s, Ponsel "Kembaran" Reno 7 4G

Dari segi desain dan spesifikasi, Oppo A77s disebut kembaran Oppo Reno 7 4G. Sebab keduanya memiliki ukuran serupa.

Punggung ponsel juga sama-sama dibekali materi tekstur kulit. Keduanya juga kompak dibekali layar AMOLED refresh rate 90 Hz.

KompasTekno mendapat kesempatan untuk menjajal Oppo A77s varian Sunset Orange secara langsung, pasca-acara peluncuran.

Hands on Oppo A77s

Pertama kali menggenggam Oppo A77s, kesan pertama yang didapat adalah ponsel ini memiliki bodi yang cukup tipis sekaligus ringan, mengingat ketebalan Oppo A77s varian tersebut adalah 8,04 mm dengan bobot 190 gram.

Dengan layar 6,5 inci, secara keseluruhan Oppo A77s masih nyaman untuk digenggam dengan satu tangan, oleh telapak tangan wanita dewasa.

Namun, bila dibandingkan dengan Reno 7 4G, perangkat tersebut terasa lebih ringan dibanding Oppo A77s. Sebab, di lembar spesifikasi, Oppo Reno 7 4G sendiri memiliki bobot 175 gram.

Pada bagian punggung ponsel, perangkat dirancang menggunakan material khusus yang bernama “Fibreglass-Leather Design”.

Saat KompasTekno menyentuh permukaan dari punggung perangkat, bahan dari material tersebut terasa sangat halus, tetapi di saat yang bersamaan, tekstur kulit yang dimiliki masih bisa dirasakan.

Dikarenakan material yang digunakan berbahan leather (kulit), saat pemukaan punggung ponsel disentuh di seluruh sisinya, punggung Oppo A77s tidak meninggalkan noda bekas sidik jari.

Masih di bagian belakang, Oppo A77s dibekali dua sensor kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) disertai PDAF dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Kedua sensor itu dibenamkan ke dalam modul berbentuk persegi panjang dan diposisikan secara vertikal. Kedua kamera ditemani oleh lampu kilat LED yang menyerupai bentuk pil. Modul kamera juga didesain sedikit menonjol ke atas dari penampang ponsel.

Pada bagian layar, perangkat didesain memiliki poni menyerupai tetesan air (waterdrop) sebagai rumah dari kamera depan 8 MP (f/2.0).

Oppo A77s mengusung layar IPS LCD dengan diagonal 6,56 inci, resolusi HD Plus dan mendukung refresh rate 90 Hz, tingkat kecerahan 600 nits, dan kerapatan piksel 269 PPI. Pengalaman KompasTekno menggulir layar Oppo A77s terasa lancar dan mulus.

Di sisi kanan perangkat terdapat tombol daya yang dapat digunakan sebagai pengunci layar. Sedangkan di sisi kiri, terdapat dua tombol yang berfungsi sebagai pengontrol volume suara dan kompartmen untuk kartu SIM dan micro-SD.

Di sisi bagian bawah, terdapat colokan jack audio 3,5 mm, port pengisian daya USB-C, dan speaker tunggal.

Oppo A77s ditenagai chipset Qualcomm, Snapdragon 680 4G dengan dirancang dengan arsitektur 6nm. Di atas kertas, chip tersebut menawarkan kecepatan mencapai 2,4 GHz.

Chipset dipadukan dengan dengan RAM 8GB dan media penyimpanan sebesar 128 GB. Perluasaan RAM bisa dilakukan mencapai 8GB sehingga memungkinkan perangkat memiliki RAM sebesar 16 GB.

Adapun perluasan media penyimpanan juga dapat dilakukan hingga 1TB melalui slot microSD yang tersedia.

Oppo A77s ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAH dengan pengisian daya cepat 30 watt SuperVOOC. Ponsel diklaim dapat terisi penuh (0-100 persen) dalam kurun waktu 60 menit (1 jam).

Perangkat berjalan dengan sistem operasi Android 12 dan dipoles dengan antarmuka ColorOS 12.1 khas Oppo. Varian warna yang tersedia adalah Sunset Orange dan Starry Black.

Harga Oppo A77s

Harga Oppo A77s di Indonesia dibanderol Rp 3.499.000, dan sudah dapat dipesan secara pre-order pada 17-26 Oktober 2022.

Konsumen akan mendapatkan hadiah eksklusif Oppo Enco Buds2 di setiap pembelian Oppo A77s selama masa pre-order.

Perangkat ini dapat dipesan melalui e-commerce terkemuka di Indonesia, MyOPPO, jaringan Oppo Store, dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/14/11000057/kesan-pertama-menjajal-oppo-a77s-ponsel-kembaran-reno-7-4g

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke