Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto WhatsApp Kini Bisa Di-blur Langsung Sebelum Dikirim

Fitur baru WhatsApp itu adalah alat untuk memburamkan (foto) langsung dari aplikasi sebelum dikirim. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot menyunting foto lebih dulu ke aplikasi ketiga, menyimpannya di perangkat, lalu baru mengirimnya lewat WhatsApp.

Kehadiran fitur blur foto diungkap WA Beta Info, situs yang kerap memberikan informasi terbaru soal WhatsApp, baik fitur yang resmi dirilis maupun yang masih diuji coba.

Menurut WA Beta Info, fitur blur foto ini sudah tersedia di WhatsApp desktop versi 2.2241.2. KompasTekno sudah kebagian fitur ini dengan versi aplikasi yang sama. Fitur blur foto ini juga telah hadir di WhatsApp versi web yang bisa diakses di whatsapp.com.

Fitur blur foto WhatsApp bisa ditemukan ketika pengguna ingin mengirim gambar, tepatnya berada di toolbar penyunting gambar. Fitur blur foto memiliki ikon piksel berbentuk persegi yang terletak di tengah-tengah antara fitur "crop" dan "gambar". 

Pengguna bisa mengatur ukuran bidang blur, apakah sebagian atau seluruh gambar. Posisi bidang blur juga bisa disesuaikan.

Bentuk blur juga bisa dipilih, ada yang berupa piksel cukup besar dan kasar, ada pemburaman yang cukup halus. Begitu juga dengan tingkat pemburaman, bisa diatur dengan menggeser bilah garis. Semakin tinggi angka, maka tingkat pemburaman semakin pekat.

Agar lebih jelas, berikut tutorial memburamkan foto WhatsApp langsung dari aplikasi.

Selain memudahkan pengeditan foto, fitur blur ini juga bermanfaat untuk lebih menjaga informasi sensitif. Sehingga, pengguna bisa lebih cepat dan mudah menutup informasi sensitif yang tidak ingin dibagikan ke penerima pesan, sebagaimana KompasTekni rangkum dari WA Beta Info, Selasa (1/11/2022).

Meskipun sudah dirilis, ada kemungkinan fitur blur WhatsApp desktop ini belum diterima seluruh pengguna. Pengguna bisa meng-update WhatsApp desktop lebih dulu untuk mendapat fitur baru.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/01/13020027/foto-whatsapp-kini-bisa-di-blur-langsung-sebelum-dikirim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke