Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indahnya Musim Semi di Korea dalam Bidikan Samsung Galaxy A54 5G

Salah satu fitur unggulan ponsel ini adalah sektor fotografi dengan kamera utama 50 MP (f/1.8).

Kamera ini dilengkapi sensor Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/5.6 inci dan tiap pikselnya berukuran 1 mikron. Sehingga disebut lebih canggih dibandingkan kamera utama 64 MP pada Galaxy A53 yang dirilis tahun lalu.

Kamera 50 MP itu ditemani oleh kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Samsung A54 5G juga mewarisi satu fitur fotografi yang ada di lini flagship Galaxy S Series, yaitu Nightography. Ini pertama kalinya fitur Nightography hadir di ponsel kelas menengah Samsung.

Dari pengalaman KompasTekno, secara keseluruhan, hasil foto yang dihasilkan dari kamera Galaxy A54 5G ini terbilang bagus. Terutama hasil foto dari kamera utama (wide) 50 MP.

Ketika memotret dalam kondisi cahaya cukup, seperti di siang hari, kamera utama 50 MP pada mode normal mampu menangkap warna dan detail objek dengan jelas. Hasilnya pun terang dan jernih, seperti gambar paling atas.

Saat di malam hari, kamera utama Samsung A54 5G dalam mode normal sebenarnya sudah bisa menghasilkan foto yang baik.

Namun, pengguna bisa menggunakan fitur night mode untuk membuat hasil foto di kondisi cahaya minim jauh lebih tajam, detail, dan terang, seperti gambar di bawah.

Sebenarnya, ponsel ini tidak dibekali dengan kamera telefoto. Makanya, zoom dilakukan lewat pembesaran digital dari kamera utama.

Ketika dijajal, fitur ini bisa menghasilkan foto yang terbilang baik, terutama ketika diperbesar hingga 4x. Saat menggunakan digital zoom 10x, hasil foto terlihat buram.

Misalnya, pengguna bisa menggunakan kamera ultrawide 12 MP untuk memotret gambar dengan bidang pandang yang lebih luas. Hasil fotonya juga jernih dan tajam.

Kamera tersebut dapat digunakan untuk memotret objek guna mendapatkan detail lebih, dengan jarak super dekat, yaitu 3-5 cm. Hasilnya pun bagus dan tajam.

Meski kini tak dibekali kamera depth sensor, pengguna tetap bisa mendapatkan foto dengan efek bokeh menggunakan mode potrait di aplikasi kamera. Hasil fotonya pun bagus dan tajam.

Masing-masing opsi itu menghasilkan efek bokeh yang berbeda-beda. Misalnya Spin, nantinya efek bokeh yang dihasilkan pada foto akan berbentuk memutar.

Hasil jepretan kamera depan 32 MP Galaxy A54 juga jernih. Ada pula opsi mempercantik wajah, mulai dari mengatur kehalusan kontur muka (skin smoothness), tone warna kulit, hingga meniruskan rahang.

Pengguna bisa mengatur seberapa besar efek mempercantik wajah tersebut secara langsung melalui aplikasi kamera.

Nah, deretan hasil jepretan kamera Samsung Galaxy A54 5G selengkapnya, dapat dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut ini.

Sedangkan spesifikasi lengkap sekaligus ulasan unboxing dan hands-on dari ponsel ini dapat disimak melalui artikel bertajuk "Menjajal Galaxy A54 5G, HP Menengah Samsung Mirip Galaxy S23".

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/13/19150047/indahnya-musim-semi-di-korea-dalam-bidikan-samsung-galaxy-a54-5g

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke