Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Smartphone Lipat yang Akan Meluncur pada 2023

Kemunculan dua perangkat lipat baru ini menjadi indikasi bahwa smartphone model lipat cukup digemari.

Setiap perangkat juga datang dengan desain dan keunggulannya yang berbeda. Oppo Find N2 Flip mengunggulkan layar sekunder di bagian depannya yang berukuran besar.

Oppo Find N2 Flip dirancang dengan lipatan clamshell atau vertikal (dari atas ke bawah), sedangkan Google Pixel Fold memiliki bentuk lipatan horizontal menyerupai buku, dapat dibuka buka ke kanan dan kiri.

Nah, seperti yang dikutip KompasTekno dari Tech Radar, Senin (26/6/2023), selain dua ponsel lipat di atas, akan ada lima smartphone lipat lainnya yang bakal segera hadir di 2023.

Lima perangkat tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi konsumen yang ingin beralih ke smartphone model lipat. Penasaran ada apa saja? Simak artikel berikut ini.

Sebagai salah perangkat lipat yang cukup populer, Galaxy Z Fold 5 diduga kuat mengusung layar seluas 7,6 inci yang mirip dengan desain Google Pixel Fold dan pendahulunya, Galaxy Z Fold 4.

Sedangkan untuk layar utamanya disebut akan berukuran 6,3 inci. Samsung juga dilaporkan mengadopsi konstruksi mekanisme engsel yang lebih baru.

Konon, mekanisme lipatan yang baru bakal membuat bekas lipatan di tengah layar lebih tersamarkan. Dengan kebaruan tersebut, Galaxy Z Fold 5 dikabarkan bakal dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggulir layar.

Soal daya, perangkat disinyalir mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang sama seperti Galaxy S23 series. Perangkat juga dikabarkan bakal dilengkapi sensor kamera yang baru.

Bersamaan dengan peluncuran Galaxy Z Fold 5, Samsung juga diyakini akan memperkenalkan Galaxy Z Flip 5. Perangkat tersebut datang dengan bodi yang lebih kecil dan mengadopsi lipatan clamshell (dari atas ke bawah).

Kabarnya, perangkat ini bakal memiliki spesifikasi dan desain yang tidak terlalu beda dari pendahulunya. Hanya saja, layar sekunder di depan perangkat dikatakan bakal diperbesar dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci.

Kebaruan lainnya, perangkat bakal ditenagai chipset yang lebih ngebut, mengadopsi mekanisme engsel yang lebih baru, sensor kamera baru, hingga mendukung SamsungDeX.

Samsung DeX sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mencolokkan Galaxy Z Flip 5 ke layar eksternal dan menggunakannya seperti komputer/PC.

Jika Motorola Razr Plus dan Razr 40 Ultra punya layar eksternal seluas 3,6 inci, Razr 2023 dikabarkan bakal punya layar yang lebih mungil, sekitar 1,5 inci saja. Perbedaan tersebut mengindikasikan desain Razr 2023 tidak akan “semencolok” dua saudaranya yang lain.

Untuk harga jualnya sendiri, Razr 2023 diprediksi bakal dibanderol seharga 999 dollar Australia atau sama dengan Rp 10 jutaan (estimasi kurs Rp 10.048). Harga tersebut disebut lebih terjangkau dari kebanyakan ponsel lipat yang ada di pasaran.

4. OnePlus V Fold

OnePlus juga dilaporkan menjadi salah satu perusahaan yang bakal merambah ke ponsel lipat. Kabarnya, perangkat tersebut bernama OnePlus V Fold dan akan diperkenalkan pada paruh kedua tahun 2023 atau Juli hingga Desember 2023.

Pihak OnePlus sendiri tidak banyak mengumbar soal ponsel lipat garapannya. Hanya saja, dari bocoran yang beredar, ponsel tersebut bakal memiliki layar sekunder yang besar dan mengadopsi model lipatan seperti buku (horizontal).

Mengingat Oppo adalah perusahaan induk OnePlus, kemungkinan desainnya akan mirip dengan Oppo Find N2. Namun, kabar ini masih bersifat bocoran dan ada kemungkinan berubah di masa mendatang.

Terakhir, Xiaomi yang disinyalir bakal memperkenalkan Xiaomi Mix Fold 3 pada Agustus 2023 mendatang. Namun, perangkat tersebut tampaknya baru hanya akan diperkenalkan ke wilayah China saja, seperti pendahulunya, Mix Fold 2.

Xiaomi Mix Fold 3 disebut akan mengandalkan Snapdragon 8 Gen 2, mengantongi sertifikasi tahan air yang tidak disebutkan jenisnya, pengisian daya cepat 67 watt, dan kamera periskop yang ditingkatkan.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Senin (26/6/2023), kamera tersebut diklaim dapat melakukan perbesaran optik lebih jauh ketimbang perangkat lainnya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/26/19150077/5-smartphone-lipat-yang-akan-meluncur-pada-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke