Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] - Threads Instagram Mulai Membosankan? | Windows 11 versi Mini Cuma Butuh RAM 176 MB

Akan tetapi, tampaknya Threads belum bisa membuat penggunanya betah berlama-lama.
Apa sebabnya? Berita soal Threads ini menjadi salah satu artikel teknologi terpopuler di KompasTekno.

Berita lain yang juga menjadi sorotan adalah soal jenis huruf (font) default Microsoft terbaru, yakni Aptos. Aptos diperkenalkan untuk menggantikan font Calibri. Artikel lain yang juga cukup banyak dibaca masih soal software, yakni Windows 11 yang ternyata cuma butuh kapasitas RAM cukup kecil.

Windows 11 ternyata bisa berjalan di sistem dengan kapasitas RAM 176 MB saja. Akan tetapi, bukan Windows 11 reguler seperti yang biasa ada di laptop atau PC yang memiliki kemampuan tersebut.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi KompasTekno.

Threads Instagram mulai membosankan?

Threads, platform baru Meta yang mirip Twitter, menemukan tantangan baru sejak dirilis 6 Juli lalu. Tampaknya, pengguna Threads mulai jenuh dengan platform tersebut.

Dalam kurang dari lima hari setelah peluncuran, Threads menunjukkan tren penurunan dalam aspek pertumbuhan jumlah pengguna, dan waktu yang dihabiskan (time-spent) pengguna di aplikasi.

Setidaknya begitulah menurut firma riset Sensor Tower dan SimiliarWeb. Managing Director Sensor Tower, Anthony Bartolacci tak memungkiri bahwa aplikasi microblogging pesaing Twitter itu menjadi buah bibir internet saat perilisan pada 6 Juli 2023.

Namun, pada hari Selasa dan Rabu (11 dan 12 Juli), Sensor Tower melihat pengguna aktif harian Threads menurun sekitar 20 persen dibandingkan hari Sabtu (8/11/2023). Selengkapnya bisa disimak di artikel "Threads Belum Bisa Bikin Pengguna Betah Berlama-lama".

Microsoft resmi mengumumkan jenis huruf (font) default terbarunya, "Aptos" untuk layanan Microsoft Office, Kamis (13/7/2023).

"Hari ini, kami memulai fase terakhir dari perubahan besar ini di mana Aptos akan mulai muncul sebagai font default baru di Word, Outlook, PowerPoint, dan Excel untuk ratusan juta pengguna," tulis Si Daniels, Manajer Produk Utama di Microsoft, dalam sebuah unggahan di blog Microsoft Design.

Dalam beberapa bulan ke depan, Aptos bakal digelontorkan secara bertahap dan bisa digunakan semua pengguna sebagai font default di Microsoft Office.

Dengan hadirnya Aptos, Calibri akan pensiun sebagai font default di Microsoft Office sejak 2007 atau selama kurang lebih 15 tahun terakhir.

Meski demikian, Calibri masih akan tersedia di Office. Selengkapnya bisa disimak di artikel "Selamat Datang Aptos, Font Default Microsoft Office yang Gantikan Calibri".

Divisi gaming Microsoft, Xbox, mengumumkan sejumlah game baru untuk konsol Xbox Series X/S dan Xbox One dalam acara ID@Xbox. Acara ID@Xbox biasanya menjadi wadah bagi pengembang game indie, untuk memamerkan game anyar yang bakal diluncurkan di konsol besutan Microsoft itu.

Tak hanya game baru, ada juga cuplikan video (trailer) terbaru untuk game yang sudah diumumkan sebelumnya. Apabila belum tahu, game indie sendiri merujuk pada permainan yang digarap dengan dana terbatas.

Game ini umumnya lebih mementingkan inovasi mekanisme permainan alias gameplay yang dimiliki. Adapun berbagai game yang diumumkan di ID@Xbox atau Xbox Indie Showcase memiliki genre yang bervariasi, mulai dari horor, Role-Playing Game (RPG), hingga roguelike.

Daftar selengkapnya bisa disimak di artikel "Daftar Game Xbox Series X/S Baru di Xbox Indie Showcase, Ada Hellboy

Nama Otto Toto Sugiri mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yang mengikuti perkembangan Teknologi di Indonesia. Ia adalah CEO dan Co-Founder perusahaan Doneata Center Indonesia (DCI) Indonesia.

DCI Indonesia merupakan penyedia pusat data terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan penyimpanan server dan ruang pusat data yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Pria yang dijuluki Bill Gates-nya Indonesia ini kembali masuk dalam jajaran 50 orang terkaya di Indonesia versi media bisnis Forbes.

Saat artikel ini dimuat, Toto menduduki peringkat ke-23 dengan kekayaan tmencapai 1,9 miliar dolar AS atau setara dengan 28,78 triliun (kurs Rp 15.163). Sebelumnya di tahun 2022 ia bahkan sempat berada di peringkat ke-19 dengan kekayaan mencapai 2,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 35,62 triliun (kurs Rp 14.250).

Lalu siapakah Otto Toto Sugiri dan bagaimana perjalanan karirnya hingga tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia?

Profil selengkapnya bisa disimak di artikel "Jadi Salah Satu Orang Terkaya, Siapa Otto Toto Sugiri yang Dikenal sebagai Bill Gates dari Indonesia?".

Saat dirilis tahun 2021 lalu, sistem operasi Windows 11 dari Microsoft mensyaratkan spesifikasi lebih tinggi dari Windows 10 untuk bisa berjalan di komputer, termasuk kapasitas RAM setidaknya 4 GB.

Meski demikian, ternyata Windows 11 bisa berjalan di sistem dengan kapasitas RAM yang jauh lebih kecil, yakni 176 MB saja atau tak sampai seperduapuluh dari kapasitas RAM minimal dalam persyaratan resmi.

Itulah hasil eksperimen yang dilakukan oleh developer dan modder software NTDev asal Rumania, yang sebelumnya berhasil membuat Windows 11 versi ringan dengan ukuran instalasi lebih kecil bernama Tiny11.

Tentu saja, OS Windows 11 yang berjalan dengan RAM 176 MB bukanlah versi reguler seperti biasa ditemukan di PC dan laptop. Lantas, OS Windows versi seperti apa? Jawabannya ada di artikel "Windows 11 versi Mini Cuma Butuh RAM 176 MB".

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/17/07000037/-populer-tekno-threads-instagram-mulai-membosankan-windows-11-versi-mini-cuma

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke