Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Game PS Plus Agustus 2023, Ada PGA Tour 2K23 dan Dreams

Pada Agustus ini, pelanggan PS Plus bisa memainkan game "PGA Tour 2K23", "Dreams", dan "Death's Door". Baik "PGA Tour 2K23" maupun "Death's Door" tersedia di PS5 dan PS4, sementara "Dreams" digratiskan di PS4 saja.

PGA Tour 2K23

"PGA Tour 2K23" adalah game simulasi olahraga golf yang dikembangkan oleh tim HB Studios, dan diterbitkan oleh 2K.

Pemain juga dapat merancang karakternya sendiri, dari segi desain karakter, stik golf, hingga kemampuan (skill) yang dimiliki.

Fitur ini dinamai "Archetype", dan setiap skill yang dipilih memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Sebagai contoh, archetype "Greensman" menawarkan kemampuan penempatan yang baik, tetapi justru membuat proses recovery shot lebih sulit. Adapun recovery shot merupakan proses memukul bola golf yang terletak di luar lapangan, kembali ke dalamnya.

Karakter yang dibuat ini nantinya bisa dimainkan di mode cerita "MyCareer". Mode lainnya yang dapat dinikmati mencakup mode multiplayer "Match Play", "Topgolf", "Online Societies", dan "Course Creator".

"Course Creator" menjadi salah satu fitur menarik karena memberikan kesempatan bagi gamers, untuk merancang petanya (map) sendiri ala "Minecraft".

Setelah dibuat, peta ini bisa diunduh gamer lain, dan sebaliknya, pemain juga bisa menjajal peta buatan pengguna lainnya.

Dreams adalah game yang memungkinkan pemainnya untuk menciptakan permainannya sendiri atau memainkan game buatan pengguna lainnya.

Sederhananya, game ini bisa dikatakan mirip seperti "Roblox". Bedanya, peralatan yang disuguhkan untuk membuat game di "Dreams" cenderung terbatas, bila dibandingkan dengan "Roblox".

Nah ketika membuat game, ada banyak sekali aspek yang bisa dikustomisasi oleh pemain, mulai dari karakter, peta, musik, hingga animasi. Namun untuk membuat semua komponen ini, gamers mesti mengikuti tutorial yang disediakan terlebih dahulu.

Jika tidak mengikuti tutorial, pengguna akan kebingungan terkait apa saja peralatan yang disediakan di "Dreams", dan bagaimana cara menggunakannya.

Untuk menghemat waktu, nantinya pemain juga bisa menggunakan berbagai aset yang sudah dibuat gamers lain. Jadi, pemain yang kesulitan untuk membuat musik langsung bisa "meminjam" aset pengguna lainnya.

Penting untuk diketahui, dukungan untuk "Dreams" akan dihentikan setelah 1 September nanti. Setelah dihentikan, pemain masih bisa membuat game-nya sendiri dan mencicip game pengguna lain.

Akan tetapi, Media Molecule selaku tim pengembang menyetop pembaruan (update) untuk "Dreams" dan kompetisi tahunan yang dinamai Impy Awards.

Pemain akan menghabiskan banyak waktunya untuk menelusuri dungeon, menyelesaikan banyak puzzle, sambil menaklukkan berbagai musuh dan bos.

Tentunya, "Death's Door" juga menghadirkan sejumlah perbedaan misalnya dari segi cerita. Dalam game ini, pemain berperan sebagai burung gagak yang bekerja sebagai pengumpul jiwa.

Layaknya malaikat maut, burung gagak ini akan mengambil jiwa makhluk yang sudah "kehabisan waktu", alias sudah menemui ajalnya.

Sehubungan dengan itu, gamers bakal menggunakan sejumlah senjata untuk mengalahkan musuh, seperti "Reaper's Sword", "Discarded Umbrella", dan "Rogue Daggers".

Setiap senjata memiliki keunikan, misalnya "Rogue Daggers" dengan kecepatan serangan 50 persen lebih baik dibanding senjata lainnya.

Setelah menaklukkan bos, gamers akan menjadi semakin kuat. Pemain bisa melakukan peningkatan (upgrade) senjata dengan item yang diperoleh dari bos, misalnya skill "Fire" yang memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan jurus api.

Dikutip KompasTekno dari IGN, Senin (31/6/2023), ketiga game gratis di atas dapat diklaim pelanggan PS Plus mulai 1 Agustus hingga 4 September mendatang.

Pelanggan yang masih ingin bermain game bulan Juli, yakni "Call of Duty: Black Ops Cold War", "Alan Wake Remastered" dan "Endling – Extinction is Forever" hanya memiliki waktu hingga 31 Juli ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/31/18050087/daftar-game-ps-plus-agustus-2023-ada-pga-tour-2k23-dan-dreams

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke