Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hands-on Oppo A38, HP Rp 2 Jutaan dengan Kamera 50 MP dan Layar 90 Hz

Di Tanah Air, Oppo A38 dapat "dipinang" dengan harga Rp 2 jutaan. Dengan harga seperti ini, pembeli sudah bisa menikmati sejumlah fitur seperti kamera 50 MP, layar dengan refresh rate 90 Hz, dan teknologi pengisian daya ulang cepat (fast charging) berdaya 33 Watt.

Nah, KompasTekno berkesempatan untuk melakukan unboxing dan menjajal Oppo A38. Adapun model yang kami terima adalah varian warna Glowing Black.

Untuk kemasan, Oppo A38 dikemas dalam kotak penjualan berwarna putih, sama seperti aneka ponsel Oppo A series lainnya. Pada bagian depan kotak ini, terlihat aksen warna coklat muda yang mencakup tulisan "38", menandakan model ponsel Oppo A38.

Bagian kanan kemasan tersebut dilengkapi oleh sejumlah fitur unggulan Oppo A38, seperti kamera 50 MP. Sementara itu, bagian kiri boks hanya memuat tulisan "Oppo A38" yang disusun secara vertikal.

Bagian atas dan bawah boks kosong, sedangkan bagian belakang dilengkapi sejulah informasi, seperti perusahaan yang mendesain Oppo A38, perusahaan yang memproduksi, serta data identifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Tepat di bawahnya, ada smartphone Oppo A38 yang dibalut dengan plastik bertuliskan spesifikasi unggulan ponsel tersebut. Lalu, terdapat sebuah kabel dilengkapi dengan kepala charger 33 Watt.

Dari segi desain, Oppo A38 memiliki ukuran yang ringkas dengan dimensi 163,74 x 75,03 x 8,16 mm, dan bobot 190 gram.

Dengan dimensi dan bobot seperti ini, Oppo A38 ringan untuk digenggam dan dapat digunakan dengan satu tangan saja. Dimensinya yang tipis memungkinkan ponsel ini dapat muat dalam saku pengguna.

Masih membicarakan punggung ponsel, terdapat modul kamera yang menampung kamera utama 50 MP berteknologi AI (f/1.8, bidang pandang 75,5 derajat), kamera bokeh 2 MP (f/2.4, bidang pandang 89,1 derajat), dan sebuah lampu flash LED.

Adapun modul kamera belakang ini memiliki fisik yang menonjol, sehingga pengguna perlu berhati-hati saat meletakkan di permukaan yang kasar, misalnya bebatuan.

Di bawah modul tersebut, terdapat teks "Innovative AI Camera" yang merujuk pada penggunaan teknologi AI pada kamera utama.

Contoh fitur kamera yang menggunakan teknologi AI adalah AI Portrait Retouching, yang mampu memoles foto menjadi lebih baik tetapi tetap natural.

Beralih ke bagian depan ponsel, terdapat sebuah layar LCD berbentang 6,56 inci dengan resolusi HD Plus (1.612 x 720 piksel), refresh rate 90 Hz, gamut warna 100 persen DCI-P3, 16,7 juta warna, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 720 nits.

Di tengah atas layar smartphone, terdapat kamera selfie 5 MP (f/2.2, bidang pandang 76,8 derajat), yang ditempatkan dalam modul menyerupai tetesan air (waterdrop).

Modul ini disisipkan dalam bingkai layar (bezel) ponsel. Secara keseluruhan, bezel ini cukup tipis, sehingga tidak akan mengganggu pengalaman pengguna saat sedang browsing, atau menonton video YouTube.

Berpindah ke bagian kanan gawai, pengguna bisa menemukan tombol power dan tombol volume. Tombol power ini sudah terintegrasi dengan pemindai sidik jari (fingerprint).

Spesifikasi Oppo A38 di Indonesia

Soal hardware, Oppo A38 ditenagai chipset MediaTek Helio G85. System-on-Chip (SoC) delapan inti (octa-core) ini memiliki clockspeed maksimum 2,0 GHz. Adapun unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Mali G52 MC2 dengan kecepatan hingga 1.000 MHz.

Chipset MediaTek ini dipadukan dengan RAM LPDDR4X 4 GB dan media penyimpanan (storage) eMMC 5.1 128 GB. RAM dapat diperluas hingga 4 GB dengan menggunakan teknologi RAM Expansion, sehingga total RAM menjadi 8 GB.

Sementara itu, storage dapat ditambah hingga 1 TB dengan memanfaatkan kartu microSD.

Pada aspek daya, Oppo A38 ditopang baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh, dengan teknologi pengisian cepat SuperVOOC berdaya 33 Watt. Saat terisi penuh, baterai bisa bertahan lebih dari 32 jam untuk panggilan telepon.

Ketika sudah kosong, baterai bisa terisi hingga 50 persen lebih, dengan durasi pengisian ulang 30 menit. Pengisian ulang baterai hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 75 menit.

Oppo A38 menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 13.1.

Fitur pendukung lainnya mencakup pemindai wajah (face unlock), konektivitas 4G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.3, mode Ultra Volume 300 persen, perlindungan tahan air dengan rating IPX4, dan perlindungan tahan debu dengan rating IP5X.

Hasil foto kamera Oppo A38

Saat menjajal Oppo A38, kami sempat menguji coba kebolehan kamera yang dimilikinya. Pada gambar di bawah, pengguna bisa melihat hasil yang diperoleh dari kamera utama 50 MP Oppo A38.

Kemudian pada gambar di bawah, pengguna bisa melihat hasil potret Oppo A38 pada malam hari. Menurut kami, hasil fotonya sudah cukup baik, tetapi begitu diperbesar, foto akan terlihat blur.

Harga Oppo A38 di Indonesia

Oppo A38 hadir dalam dua opsi warna yaitu Glowing Gold dan Glowing Black. Smartphone ini hanya tersedia dalam satu varian saja, yaitu RAM 4 GB/128 GB. Berikut ini harganya:

  • Harga Oppo A38 (4 GB/128 GB) - Rp 2.099.000

Bila tertarik, ponsel ini sudah bisa dibeli di toko resmi Oppo dan marketplace rekanan Oppo.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/04/14000057/hands-on-oppo-a38-hp-rp-2-jutaan-dengan-kamera-50-mp-dan-layar-90-hz

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke