Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Game yang Dirilis November 2023, Ada "FM 2024" dan "CoD Modern Warfare III"

Beberapa game tersebut dibuat atau diterbitkan oleh studio ternama, mulai dari Nintendo, Activision, hingga Sega.

Pada November 2023 ini, gamer akan disajikan game dari berbagai genre, seperti tembak-menembak (shooter), Japanese Role-Playing Game (JRPG), olahraga, dan masih banyak lagi.

Totalnya, ada belasan game menarik yang diluncurkan pada November 2023. Apa saja game yang dimaksud? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Pemain pertama-tama akan memilih klub sepak bola yang ingin dikelola dan liga yang ingin diikuti. Liga ini bermacam-macam, misalnya Bundesliga 2 di Jerman, Ligue 2 BKT di Prancis, dan yang terbaru J.League di Jepang.

Sebagai manajer, pemain mempunyai beragam kewajiban, seperti perekrutan pesepak bola, pelatihan atlet, hingga pengaturan taktik yang akan digunakan dalam pertandingan.

Gamer juga bakal mengatur posisi pesepak bola di lapangan, menguasai bursa transfer atlet, dan lain-lain.

Fitur di atas mengalami peningkatan dibanding pendahulunya. Contohnya saja fitur perekrutan yang ditingkatkan sehingga mencerminkan tren di bursa atlet dalam kehidupan nyata.

Selain itu, FM 2024 juga dibekali dengan grafik dan pencahayaan yang lebih ciamik, sehingga laga di lapangan sepak bola terlihat lebih realistis dan seru. Gerakan bola dan pemain juga diatur sedemikian rupa agar lebih baik lagi.

Football Manager 2024 diluncurkan pada 6 November 2023 mendatang untuk PC (lewat platform Steam, Epic Games Store, dan Microsoft Store), PlayStation 5 (PS5), Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch, dan mobile (iOS, Android).

Game ini dibanderol seharga Rp 619.999 di Steam dan Epic Games Store, sedangkan harga di Microsoft Store adalah 59.99 dollar AS (Rp 954.080). Pengguna juga bisa berlangganan PC Game Pass seharga Rp 49.999 per bulan.

Di konsol, game ini hadir dengan nama Football Manager 2024 Console untuk PS5 dan Xbox. Permainan ini dijual seharga Rp 620.000 di kedua konsol tersebut. Pengguna juga bisa memanfaatkan layanan Xbox Game Pass seharga 10.99 dollar AS (Rp 174.817).

Versi Nintendo Switch mengusung nama Football Manager 2024 Touch, tetapi saat ini harganya belum diketahui. Sementara itu, versi mobile membawa nama Football Manager 2024 Mobile, dan akan tersedia di platform iOS serta Android via layanan Netflix Games.

Adapun layanan Netflix dibanderol dengan harga Rp 54.000 per bulan untuk paket termurah dan Rp 186.000 untuk paket termahal.

MW3 melanjutkan jalan cerita dari prekuelnya yang bertajuk Modern Warfare II.

Pemain akan mengikuti Captain Price dan unit operasi Task Force 141 dalam perjalanannya untuk menumpas Vladimir Makarov, yakni tokoh nasionalis ekstrem di balik invasi Rusia ke Amerika Serikat.

Dalam mode cerita yang sinematik ini, Sledgehammer Games dan Infinity Ward selaku developer akan menghadirkan misi baru bernama "Open Combat Missions".

"Open Combat Missions" adalah deretan misi yang bisa diselesaikan dengan berbagai cara. Gamer bisa mengerjakan misi secara diam-diam (stealth) dengan memanfaatkan perangkat night vision dan senjata yang dilengkapi peredam.

Tak hanya itu, pemain juga bisa menyelesaikan misi dengan cara yang lebih rusuh, misalnya langsung masuk ke medan pertempuran dan menembak semua musuh yang menghadang.

Perlengkapan yang dibutuhkan otomatis berbeda dengan cara menyusup, misalnya armor yang lebih kuat.

Untuk mode multiplayer, MW3 menghadirkan 16 peta (map) klasik dari Modern Warfare 2 keluaran 2009, mulai dari Quarry, Rust, hingga Underpass. Nantinya, bakal ada lebih dari 12 peta baru yang diperkenalkan oleh Sledgehammer Games.

Game ini juga membawa mode "Zombies" dengan peta paling besar dalam sejarah Call of Duty. Pemain dan gamer lainnya akan menelusuri dunia terbuka (open-world) ini untuk melawan zombi "Dark Aether" yang menantang.

Soal harga, Call of Duty: Modern Warfare III dijual sekitar Rp 1 juta di PC (lewat Steam), PS5, dan PS4. Sementara itu, harganya di PC (lewat Battle.net), Xbox Series X/S, Xbox One adalah 69.99 dollar AS (sekitar Rp 1,1 juta).

Seperti namanya, game ini merupakan versi pembuatan ulang (remake) dari judul yang sama, yang dulu diluncurkan pada 1996 untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Remake ini menghadirkan perubahan visual yang kini tampak lebih modern dan mendetail. Namun, cerita dan mekanisme gameplay utama masih dipertahankan.

Super Mario RPG mengisahkan perjalanan Mario, Bowser, Peach, Mallow, dan Geno dalam upayanya untuk menyelamatkan Star Road dari kelompok jahat Smithy Gang.

Mario dan kawan-kawannya bakal melawan berbagai musuh yang menantang di sepanjang perjalanannya.

Game ini mengusung gameplay berbasis giliran alias turn-based RPG. Pengguna diberi waktu untuk memikirkan strategi sebelum melakukan serangan. Setelah menyerang, giliran musuh untuk mengatur serangan kepada pemain. Siapa yang bertahan hidup, ialah pemenangnya.

Meskipun gameplay utamanya bisa dikatakan identik, ada sejumlah pembaruan yang membuat game ini makin berbeda dengan versi lawasnya. Salah satunya adalah serangan "Triple Move", yang mana Mario dan rekannya bersama-sama melakukan serangan menyakitkan.

Kemudian, pengguna bisa melawan kembali (rematch) bos yang dikalahkan. Bos ini menjadi lebih kuat sehingga pertarungan pun akan terasa berbeda.

Super Mario RPG Remake meluncur secara eksklusif di Nintendo Switch pada 17 November 2023. Pengguna perlu merogoh kocek sebesar 59.99 dollar AS (Rp 953.181) untuk membeli game ini.

Persona 5 Tactica bercerita tentang grup Phantom Thieves, terdiri dari karakter protagonis Joker dan rekan-rekannya, yang berkelana ke dunia aneh. Warga dalam dunia ini hidup di bawah pemerintahan yang tiran.

Joker dan rekannya kemudian dikepung oleh kelompok militer bernama Legionnaires, sebelum akhirnya ditolong oleh sosok revolusioner misterius bernama Erina.

Erina pun menyelamatkan Phantom Thieves, dengan syarat mereka membantunya untuk menumpas kelompok militer jahat itu.

Dari segi gameplay, Persona 5 Tactica cukup mirip dengan seri Fire Emblem. Sebab, gamer bakal bermain dalam peta berbasis grid, kemudian mengontrol gerakan sejumlah karakter dari satu kotak grid ke kotak grid lainnya layaknya catur.

Begitu dekat dengan musuh, pemain bisa melancarkan serangan. Setelah giliran pemain berakhir, mereka harus menunggu musuh mengatur strategi dan melakukan serangan balasan.

Persona 5 Tactica siap dimainkan pada 17 November 2023 di PC (Steam), PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, dan Nintendo Switch. Game ini bisa dibeli dengan harga Rp 769.000 di Steam, PlayStation, Xbox, dan 59.99 dollar AS (Rp 953.181) di Nintendo Switch.

Adapun Naruto x Boruto merupakan kompilasi dari keempat game Naruto Ultimate Ninja Storm (UNS), yang digarap oleh studio CyberConnect2. Keempat game itu di-remaster sehingga membawa grafik yang lebih cantik.

Selain membawa visual yang lebih baik, Naruto x Boruto juga dapat dinikmati dengan frame rate hingga 60 FPS di PS5, Xbox Series X, dan PC. Jadi, permainan akan terasa lebih mulus ketimbang UNS versi lawas yang mentok di 30 FPS saja.

Di luar ketiga platform yang disebutkan, frame rate di PS4, Xbox Series S, Xbox One, dan Nintendo Switch masih 30 FPS.

Dalam kompilasi ini, nantinya pemain bisa menyaksikan masa kecil Uzumaki Naruto hingga duel terakhir dengan sahabatnya, Uchiha Sasuke. "History Mode" ini dinikmati dalam bentuk pertarungan atau cuplikan anime.

Ada pula "Special Story Mode", yakni mode cerita baru yang mengisahkan tentang usaha Uzumaki Boruto untuk mencegah "Perang Dunia Ninja Kelima". Mode baru ini menghadirkan sejumlah karakter orisinal seperti Nanashi dan Merz.

Masih soal karakter, Naruto x Boruto membawa 130 karakter dari seri UNS, termasuk sepuluh karakter baru yang mencakup Jigen, Kawaki, Kashin Koji, Delta, Uzumaki Naruto (Mode Baryon), dan lain seterusnya.

Jika tertarik, game ini bisa dibeli dengan harga Rp 599.000 di PC (Steam), Rp 879.000 di PlayStation, serta 59.99 dollar AS (Rp 953.181) di Xbox dan Nintendo Switch.

Selain kelima game di atas, berikut ini daftar lengkap game yang meluncur pada bulan November 2023, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Gamer, Selasa (31/10/2023):

  • Headbangers: Rhythm Royale - PC, PS5, Xbox Series X/S, Nintendo Switch (1 November)
  • Alien Hominid Invasion + Alien Hominid HD - PC, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (1 November)
  • Song of Nunu: A League of Legends Story - PC, Nintendo Switch (1 November)
  • Star Ocean: The Second Story R - PC, PS5, PS4, Nintendo Switch (2 November)
  • My Time at Sandrock 1.0 - PC, PS5, Xbox Series X/S, Xbox One (2 November)
  • Thirsty Suitors - PC, PS5, PS4 Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (2 November)
  • Fashion Dreamer - Nintendo Switch (2 November)
  • PlateUp! - PS5, Xbox Series X/S, Nintendo Switch (2 November)
  • Powerwash Simulator VR - Meta Quest 3 (2 November)
  • For the King II - PC (2 November)
  • RoboCop: Rogue City - PC, PS5, Xbox Series X/S (2 November)
  • The Talos Principle 2 - PC, PS5, Xbox Series X/S (2 November)
  • The Smurfs 2: The Prisoner of the Green Stone - PC, PS5, PS4 Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (2 November)
  • WarioWare: Move It! - Nintendo Switch (3 November)
  • WRC - PC, PS5, Xbox Series X/S (3 November)
  • Football Manager 2024 - PC, PS5, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch, iOS, Android (6 November)
  • The Invincible - PC, PS5, Xbox Series X/S (6 November)
  • Banishers: Ghosts of New Eden - PC, PS5, Xbox Series X/S (7 November)
  • Stronghold: Definitive Edition - PC (7 November)
  • Salt and Sacrifice - Nintendo Switch (7 November)
  • Tintin Reporter: Cigars of the Pharaoh - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (7 November)
  • Risk of Rain Returns - PC, Nintendo Switch (8 November)
  • Like a Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (9 November)
  • Sanabi 1.0 - PC, Nintendo Switch (9 November)
  • Tales of Arise: Beyond the Dawn - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (9 November)
  • Cuisineer - PC (9 November)
  • The Day Before - PC, PS5, Xbox Series X/S (10 November)
  • Call of Duty: Modern Warfare III - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One (10 November)
  • Project Unseek - PC (10 November)
  • Spirittea - PC, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (13 November)
  • Hogwarts Legacy - Nintendo Switch (14 November)
  • Super Crazy Rhythm Castle - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (14 November)
  • Broken Roads - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (14 November)
  • Ufo Robot Grendizer - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (14 November)
  • KarmaZoo - PC, PS5, Xbox Series X/S, Nintendo Switch (14 November)
  • Invincible Presents: Atom Eve - PC (14 November)
  • Coral Island 1.0 - PC, PS5, Xbox Series X/S (14 November)
  • Turok 3: Shadow of Oblivion - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (14 November)
  • The Last Faith - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (15 November)
  • American Arcadia - PC (15 November)
  • Yohane the Parhelion: Blaze in the Deepblue - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (16 November)
  • Small Saga - PC (16 November)
  • Loddlenaut - PC (16 November)
  • Super Mario RPG Remake - Nintendo Switch (17 November)
  • Warhammer Age of Sigmar: Realms of Ruin - PC, PS5, Xbox Series X/S (17 November)
  • The Walking Dead: Destinies - PC, PS5, PS4 Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (17 November)
  • Persona 5 Tactica - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (17 November)
  • Bluey The Video Game - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (17 November)
  • Naruto x Boruto Ultimate Ninja Storm Connections - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (17 November)
  • In Stars and Time - PC, PS5, PS4, Nintendo Switch (20 November)
  • Worldless - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (21 November)
  • Jurassic Park Classic Games Collection - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (22 November)
  • Granblue Fantasy: Versus Rising - PC, PS5, PS4 (30 November)
  • Biomutant - Nintendo Switch (30 November)
  • Tevi - PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch (30 November)

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/01/12030007/daftar-game-yang-dirilis-november-2023-ada-fm-2024-dan-cod-modern-warfare-iii-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke