Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unboxing dan Hands-on Samsung Galaxy M34 5G, HP Baterai 6.000 mAh Harga Rp 4 Jutaan

Di Indonesia, harga Samsung M34 5G adalah Rp 4 juta untuk satu-satunya varian memori yang tersedia, yakni RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB.

Spesifikasi Samsung M34 5G yang diunggulkan adalah baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh, kamera utama yang dibekali fitur penstabil gambar (Optical Image Stabilization/OIS), dan layar Super AMOLED seluas 6,5 inci.

KompasTekno berkesempatan untuk melakukan unboxing dan menjajal Samsung Galaxy M34 5G.

Kami mendapatkan varian warna Prism Silver, sehingga punggung ponsel yang berwarna putih ini bisa berubah warna tergantung pencahayaan di lingkungan dan sudut (angle) ketika memegang gawai.

Samsung M34 5G dikemas dalam boks kecil yang terbilang ringan untuk dipegang dan dibawa. Kotak penjualan ini berwarna putih dan dihiasi oleh ilustrasi ponsel Samsung M34 5G di bagian depannya. Ada pula teks bertuliskan "Galaxy M34 5G" dan "Samsung".

Bagian kanan kemasan kosong, sedangkan bagian kiri dihias dengan tulisan "Galaxy M34 5G" yang disusun secara horizontal. Bagian atas boks juga hampa, sementara bagian bawah dilengkapi keterangan varian warna, RAM, dan memori penyimpanan ponsel yang didapatkan.

Kemudian untuk punggung boks, terdapat keterangan bahwa smartphone ini dibuat oleh PT. Samsung Electronics Indonesia. Ada pula label yang mengingatkan pengguna untuk tidak mengubah spesifikasi yang mampu menimbulkan gangguan fisik pada lingkungan.

Ketika dibuka, kami langsung menemukan satu unit Samsung M34 5G yang dibalut plastik hitam, dengan tulisan spesifikasi unggulan ponsel tersebut di bagian depan plastik itu.

Dalam kemasan, kami juga menemukan kotak kecil yang berisi buku panduan penggunaan (quick start guide), garansi resmi, sim card ejector, serta kabel pengisian daya USB-C. Kepala charger alias adapter tidak termasuk dalam paket penjualan Samsung M34 5G.

Untuk desain, Samsung Galaxy M34 5G memiliki dimensi 161,7 mm (panjang) x 77,2 mm (lebar) x 8,8 mm (ketebalan) dengan bobot 208 gram.

Menurut kami, smartphone ini ringan untuk dipegang dan dibawa dengan menggunakan satu tangan. Ukuran ponsel pas dengan saku celana, sehingga cocok untuk dibawa bepergian misalnya ketika mengunjungi mal, kampus, dan lain sebagainya.

Punggung smartphone tidak terasa licin ketika dipegang. Bagian belakang ponsel ini tidak akan meninggalkan bekas sidik jari kecuali jika ditekan dengan keras.

Varian warna Prism Silver yang kami gunakan terbilang unik karena bisa berubah-ubah warna tergantung pencahayaan dan angle pemegangan ponsel.

Apabila melihat punggung ponsel di bawah lampu, bagian belakang tersebut menjadi berwarna-warni, mulai dari biru muda, tua, merah, oranye, hingga hijau.

Masih soal punggung, desain bodi Samsung M34 5G menggunakan DNA Samsung S23. Bodi ini disematkan tiga lensa kamera yang disusun secara vertikal. Ketiga lensa kamera ditempelkan langsung ke punggung ponsel, tanpa ada rumah atau modul kamera.

Oleh karena itu, pengguna sebaiknya berhati-hati ketika menaruh ponsel agar tidak merusak ketiga lensa kamera.

Adapun konfigurasi kamera belakang ini mencakup kamera utama 50 MP (f/1.8) yang didukung OIS serta zoom hingga sepuluh kali, kamera ultra wide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Berpindah ke bagian depan, Samsung M34 5G mengusung layar Super AMOLED berbentang 6,5 inci.

Dengan refresh rate yang tinggi, pengalaman browsing dan multi tasking menjadi lebih mulus, misalnya ketika kami berpindah dari satu tab ke tab lainnya untuk mencari sumber referensi dalam penulisan artikel berita.

Kehadiran Gorilla Glass 5 diklaim membuat layar smartphone tidak mudah pecah ketika terjatuh. Pelindung ini mampu bertahan ketika dijatuhkan dari ketinggian sekitar 1,2 meter. Namun, sebaiknya pengguna tetap berhati-hati untuk tidak menjatuhkan ponsel yang dimiliki.

Layar Samsung M34 5G turut dihiasi poni (notch) berbentuk Infinity-U alias tetesan air (waterdrop), yang menampung kamera selfie 13 MP (f/2.2).

Modul ini disisipkan dalam bingkai (bezel) layar. Ukuran bezel cukup tipis sehingga tidak mengganggu pengalaman browsing kami.

Bagian kanan ponsel terbaru Samsung ini mencakup tombol daya (power) dan tombol volume. Tombol daya ini sudah terintegrasi dengan pemindai sidik jari (fingerprint), sehingga membuat ponsel menjadi lebih aman.

Selanjutnya, bagian atas Samsung Galaxy M34 5G mencakup lubang mikrofon.

Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G di Indonesia

Samsung Galaxy M34 5G ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Exynos 1280 (5 nm). Chip ini juga dipakai perusahaan untuk Samsung M33 yang rilis tahun 2022 lalu.

SoC ini memiliki delapan inti (octa-core) dengan clock speed hingga 2,4 GHz. Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Mali-G68.

Exynos 1280 kemudian dipadukan dengan RAM 8 GB dan storage 128 GB. Media penyimpanan dapat diperluas dengan memanfaatkan kartu microSD hingga 1 TB.

Soal daya, smartphone ini ditopang dengan baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 25 Watt.

Samsung mengeklaim baterai ini bisa bertahan hingga 24 jam untuk pemutaran video, 158 jam untuk pemutaran audio, 22 jam untuk penggunaan konektivitas Wi-Fi, dan 21 jam untuk penggunaan dengan konektivitas LTE.

Samsung M34 5G menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) One UI 5.1. Samsung telah menjamin ponsel ini mendapatkan peningkatan (upgrade) OS Android hingga empat generasi dan pembaruan keamanan hingga lima tahun.

Fitur pendukung lainnya mencakup konektivitas 5G, dual-SIM, Wi-Fi dual-band, Bluetooth 5.3, NFC, Voice Focus, dan masih banyak lagi.

Mencoba kamera Samsung Galaxy M34 5G

Kami mencoba Samsung Galaxy M34 5G untuk memotret pemandangan dan melakukan selfie. Gambar di bawah ini ditangkap menggunakan kamera utama Samsung M34 5G dengan resolusi 50 MP.

Kemudian pada gambar di bawah, pengguna bisa melihat hasil selfie dengan kamera depan beresolusi 13 MP milik Samsung M34 5G. Hasil foto cukup mendetail dan tidak akan pecah ketika diperbesar alias zoom.

Harga Samsung M34 5G di Indonesia

Di Indonesia, Samsung M34 5G hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Midnight Blue, Prism Silver, dan Dark Blue. Smartphone ini dibanderol seharga Rp 4.099.000 untuk satu-satunya varian memori RAM 8 GB/128 GB.

Samsung menggelar program Flash Sale untuk Galaxy M34 5G pada 7-12 November di toko online Samsung.com/id atau Samsung Official Store di marketplace rekanan.

Pada periode Flash Sale ini, Samsung M34 dijual dengan harga Rp 3.999.000. Konsumen juga berkesempatan mendapatkan Travel Adapter 25 Watt secara gratis.

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/08/16140077/unboxing-dan-hands-on-samsung-galaxy-m34-5g-hp-baterai-6.000-mah-harga-rp-4

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke