Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Siapkan Iklan dan Sistem Berlangganan di Saluran

Dalam sesi wawancara bersama media Brasil, Cathcart ditanya apakah WhatsApp akan terus gratis dan tanpa iklan. Bos WhatsApp itu pun menjawab bahwa WhatApp mungkin menjejali pengguna dengan iklan di fitur "Status WA" dan "Channel/saluran". Kedua fitur ini berada di dalam tab "Updates" di aplikasi WhatsApp mobile.

"(Skema iklan) misalnya, pemilik Channel mempromosikan salurannya. Nantinya, pemiliknya dapat mempromosikan iklannya di dalam Saluran," kata Cathcart, sebagaimana dikutip dari TechcCrunch, Kamis (9/11/2023).

Bos WhatsApp juga menyebut bahwa Channel mungkin dapat memberlakukan skema berlangganan (subscribe). Pemilik Channel bisa membebankan biaya ke pengguna. Dengan subscribe, pengguna berbayar akan mendapatkan informasi eksklusif di dalam saluran.

Yang pasti, kata Cathcart,WhatsApp tidak akan memasang iklan di tab chat, tempat pengguna menerima berkirim pesan.

Meski begitu, Cathcart tidak mengungkap kapan iklan dan fitur subscribe channel itu bakal diperkenalkan ke pengguna WhatsApp.

Sebagai debut, iklan akan mulai muncul di WhatsApp Status yang fungsinya mirip Stories di Instagram atau Facebook mulai 2020.

Ketika itu, pengulas aplikasi Matt Navara membagikan penampakan iklan apabila muncul di WhatsApp melalui akun Twitternya. Dalam unggahannya, tampak konten iklan yang akan memenuhi layar Status WA.

Nantinya, di sisi bawah akan muncul ikon "swipe-up" mirip fitur lawas di Instagram Stories. Ketika di swipe, pengguna akan diarahkan ke situs pengiklan. Nama perusahaan yang beriklan akan muncul di WhatsApp Status, seperti halnya nama kontak. 

Namun, rencanya tersebut tak terealisasi hingga saat ini.

Pada 2020, Will Cathcart yang kala itu baru menjadi bos baru WhatsAppp, mengatakan bahwa CEO Facebook Inc., Mark Zuckerberg, menangguhkan rencana iklan tersebut sampai waktu yang belum diketahui.

Berkaitan dengan rencana pemasangan iklan di WhatsApp ini, muncul kekhawatiran di antara para petinggi Facebook. Mereka khawatir kebijakan ini justru menjadi bumerang bagi mereka. Mereka tak ingin pengguna WhatsApp menghapus akun Facebook mereka demi menghindari iklan dan alasan keamanan data.

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/09/08521727/whatsapp-siapkan-iklan-dan-sistem-berlangganan-di-saluran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke