Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP dengan Mudah dan Praktis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui cara mempercepat koneksi internet di HP (handphone). Cara ini sangat dibutuhkan ketika pengguna mengalami masalah internet lemot di HP.

Masalah internet lemot di HP mungkin bakal membuat repot pengguna. Pasalnya, saat masalah itu terjadi, koneksi internet di HP akan lambat atau bahkan tidak bisa sama sekali. Internet lemot di HP merupakan masalah yang umum terjadi.

Tak setiap saat koneksi internet di HP lancar-lancar saja. Lantaran umum terjadi dan bakal cukup merepotkan, untuk berjaga-jaga, pengguna pada akhirnya penting untuk mengetahui cara mempercepat koneksi internet di HP.

Lantas, bagaimana cara mempercepat koneksi internet di HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mempercepat koneksi internet di HP.

Penyebab internet lemot di HP

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami dulu penyebab internet lemot di HP. Sebagaimana cukup umum diketahui, mengakses internet di HP biasanya dilakukan dengan menggunakan jaringan seluler dan jaringan WiFi dari router.

Masalah di tiap jaringan tersebut dapat menyebabkan koneksi internet di HP menjadi lemot. Misalnya, jika menggunakan jaringan seluler, salah satu penyebab internet lemot di HP adalah koneksi internet dari operator seluler yang dipakai tidak menjangkau area pengguna.

Kemudian, penyebab internet lemot di HP jika menggunakan jaringan seluler adalah pengguna mengaktifkan hotspot untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain. Alhasil, koneksi internet dari jaringan seluler di HP terbagi dan menjadi lebih lambat.

Sementara itu, jika menggunakan jaringan WiFi dari router, salah satu penyebab internet lemot di HP yang umum terjadi adalah router diletakkan terlampau jauh dengan HP, sehingga HP tidak dapat menangkap sinyalnya secara optimal.

Penyebab-penyebab lain yang memungkinkan menimbulkan masalah internet lemot di HP tak menutup kemungkinan, termasuk gangguan pada sistem HP, kesalahan pengaturan pada HP, dan gangguan pada perangkat router yang dipakai.

Itulah beberapa penyebab internet lemot di HP. Setelah mengetahui penyebabnya secara umum, berikut adalah cara mempercepat koneksi internet di HP dengan mudah dan praktis.

Cara mempercepat koneksi internet di HP

Cara mempercepat koneksi internet di HP itu cukup mudah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna untuk membantu mengatasi masalah internet lemot di HP, sehingga dapat mempercepatnya kembali.

Misalnya, jika menggunakan jaringan seluler, pengguna bisa memilih operator seluler dengan koneksi internet yang menjangkau area. Kemudian, jika menggunakan jaringan WiFi, pengguna bisa mengatur ulang posisi router dengan baik agar sinyalnya terjangkau.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara mempercepat koneksi internet di HP adalah sebagai berikut.

1. Pilih operator seluler dengan koneksi internet yang menjangkau area pengguna

Pertama, pengguna bisa mencoba untuk memilih operator seluler dengan koneksi internet terbaik di areanya. Tiap operator seluler memiliki jangkauan area koneksi internet. Tidak semua operator seluler menjangkau area yang ditinggali pengguna.

2. Gunakan jaringan seluler tercepat

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan jaringan seluler tercepat. Pengguna bisa mengatur jaringan seluler di HP agar lebih mengutamakan terhubung dengan jaringan 4G atau jaringan 5G (jika tersedia).

Cara mengatur preferensi jaringan seluler di tiap HP bisa berbeda-beda. Misalnya, di HP Samsung, pengguna bisa membuka menu pengaturan dan pilih menu “Connections”. Setelah itu, klik “Mobile networks” dan pilih “Network mode”.

3. Matikan update software otomatis

Cara mempercepat koneksi internet di HP yang berikutnya adalah dengan mematikan fitur update software otomatis. Fitur ini perlu dimatikan karena dapat mengurangi kecepatan internet ketika tindakan pembaruan sedang berjalan.

Fitur update software otomatis dapat mengunduh file aplikasi atau sistem operasi di HP secara diam-diam. Ketika pengunduhan berjalan, koneksi internet di HP akan terbagi, sehingga bisa melambat jika dipakai untuk mengakses yang lain.

Untuk mematikan fitur update software otomatis di HP, pengguna bisa mengakses menu pengaturan pembaruan sistem operasi otomatis dan menonaktifkan opsi bertajuk seperti ini “Auto Download and Install”.

Kemudian, pengguna bisa mengakses menu pengaturan di toko aplikasi HP seperti Google Play Store (HP Android) atau App Store (iPhone) untuk menonaktifkan fitur pembaruan otomatis aplikasi.

4. Matikan hotspot atau tethering

Cara mempercepat koneksi internet di HP yang keempat adalah dengan mematikan hotspot atau tethering. Fitur hotspot memungkinkan HP dapat membagikan koneksi internet dari jaringan seluler ke perangkat lain lewat WiFi.

Saat melakukan tethering, koneksi internet di HP akan terbagi dan akhirnya jadi lambat. Oleh karena itu, pengguna bisa mematikan hotspot dengan cara, buka menu pengaturan di HP dan nonaktifkan opsi bertajuk seperti ini “Personal Hotspot” atau “Portable Hotspot”.

5. Tutup aplikasi jika sudah tidak digunakan

Berikutnya, pengguna bisa menutup aplikasi secara total (termasuk di latar belakang) jika sudah tidak digunakan lagi. Aplikasi-aplikasi yang masih berjalan dapat menambah beban koneksi internet di HP.

6. Hapus aplikasi dan widget yang tak penting

Selain menutup aplikasi, untuk mempercepat koneksi internet di HP, pengguna juga bisa menghapus aplikasi dan widget yang tak penting. Beberapa aplikasi terutama aplikasi bawaan dan widget bisa terus terhubung dengan koneksi internet meski tak dibuka.

7. Bersihkan cache HP

Tiap HP selalu memiliki cache atau data sementara yang tersimpan. Cache yang menumpuk kadang bisa menimbulkan sejumlah gangguan, termasuk mungkin mengurangi responsivitas HP dalam mengakses internet.

Oleh karena itu, pengguna perlu membersihkan cache HP sebagai salah satu upaya mempercepat koneksi internet di HP. Cara membersihkan cache bisa berbeda-beda di tiap HP.

Jika memakai HP Xiaomi, pengguna bisa membersihkan cache melalui aplikasi Keamanan atau Security. Di aplikasi bawaan itu, pengguna dapat memilih menu “Cleaner” untuk melakukan tindakan penghapusan cache.

8. Restart HP

Cara mempercepat koneksi internet di HP yang kedelapan adalah dengan restart HP. Tindakan ini bisa menyegarkan kembali sistem HP yang mengalami gangguan, sehingga mungkin bisa menyebabkan masalah koneksi internet lemot di HP.

Untuk restart HP, caranya matikan HP dengan menekan tombol power dan tunggu beberapa saat. Setelah mati dalam beberapa waktu, pengguna bisa menekan tombol power untuk menghidupkan HP kembali.

9. Reset jaringan di HP

Kesembilan, cara mempercepat koneksi internet di HP adalah dengan melakukan reset pengaturan jaringan. Tindakan ini menyegarkan kembali sistem jaringan di HP yang mengalami gangguan, sehingga mungkin membuat koneksi internet jadi lambat.

Untuk melakukan reset pengaturan jaringan, caranya bisa berbeda-beda di tiap HP. Jika menggunakan HP Samsung, pengguna bisa buka menu pengaturan. Lalu, pilih menu “General Management” dan klik opsi “Reset”.

Setelah itu, pilih opsi “Reset Network Setting” dan klik “Reset Setting”. Setelah memilih opsi tersebut, HP bakal mati dan sistem jaringan di HP yang terdiri dari sistem jaringan WiFi, seluler, dan bluetooth bakal diatur ulang seperti ke setelan awal pabrik.

10. Posisikan router dengan benar

Jika menggunakan jaringan WiFi, cara mempercepat koneksi internet di HP yang selanjutnya adalah dengan meletakkan router secara tepat.

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di HP.

Oleh karena itu, supaya koneksi WiFi cepat, pengguna perlu memosisikan router dengan baik. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

11. Jauhkan router dengan perangkat elektronik lain

Gelombang mikro yang dihasilkan perangkat elektronik seperti microwave dan speaker bluetooth dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada sinyal WiFi.

Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan router dengan perangkat elektronik agar sinyalnya bisa diterima dengan optimal pada HP.

12. Ganti password router dengan komposisi yang kuat

Cara mempercepat koneksi internet di HP yang kedua belas adalah mengganti password router dengan komposisi yang kuat.

Pastikan jaringan WiFi telah dilindungi dengan kata sandi yang kuat untuk menghindari akses yang tidak sah, yang dapat memperlambat koneksi internet di HP.

13. Pilih channel WiFi yang tidak ramai

Jika tinggal di lingkungan yang ramai seperti apartemen, perumahan, kos, dan menggunakan beberapa router untuk mengakses internet bersama, pengguna bisa memilih channel yang minim dipakai supaya tidak banyak mengalami gangguan sinyal.

Pengguna bisa menggunakan aplikasi penganalis jaringan WiFi, seperti aplikasi WiFi Analyzer di HP Android. Aplikasi itu dapat menganalisis sinyal WiFi terdekat dan melihat channel mana yang ramai digunakan.

14. Matikan koneksi WiFi pada perangkat yang tidak digunakan

Cara memperkuat sinyal WiFi yang berikutnya adalah dengan mematikan perangkat yang sedang tidak digunakan. Ini berguna agar bandwith tidak penuh. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke router maka kecepatan internet di satu perangkat bakal menurun.

15. Restart router

Selanjutnya, pengguna bisa mencoba untuk restart router. Caranya, matikan router dengan menekan tombol power, yang biasanya berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu nyalakan kembali.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

Tindakan ini dapat menyegarkan kembali sistem pada perangkat router yang mungkin mengalami gangguan dan mengakibatkan koneksi internetnya jelek.

Cukup mudah bukan cara mempercepat koneksi internet di HP? Dengan melakukan cara di atas, pengguna dapat mengatasi secara mandiri dengan mudah dan praktis jika terjadi masalah internet lemot di HP.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar beberapa cara mempercepat koneksi internet di HP, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/12/16/16150097/15-cara-mempercepat-koneksi-internet-di-hp-dengan-mudah-dan-praktis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke