Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Android Makin Setia, Tidak Tergoda Ganti iPhone

iPhone mendominasi pasar ponsel mainstream di Amerika Utara. Faktanya, pada kuartal kedua tahun lalu, iPhone mewakili 53 persen dari pengiriman ponsel pintar di AS, menurut Counterpoint Research.

Namun, laporan baru dari Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menyebutkan bahwa pada 2023, ada lebih sedikit pemilik ponsel Android di Amerika Serikat yang hijrah atau berpindah ke iPhone.

CIRP mencatat, 13 persen dari pembeli iPhone di tahun 2023 ternyata berasal dari pengguna Android yang hijrah. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2022, pengguna HP Android yang pindah ke iPhone tercatat di angka 15 persen.

Bila dilihat dalam periode lima tahun, pengguna HP Android yang hijrah ke iPhone persentase stabil di rentang 11-15 persen. Tahun 2020 dan 2021 menjadi tahun di mana pengguna HP Android paling sedikit berpindah ke iPhone dengan angka sebesar 11 persen.

Hal ini tak mengherankan karena banyak vendor ponsel yang menjalankan HP bikinanya dengan OS Android seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, Infinix, OnePlus, Realme, dan masih banyak lagi.

Sebagai perbandingan, sistem operasi iOS yang terpasang di iPhone dan iPad hanya menguasai hampir 30 persen atau kurang dari setengah pasar Android, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Central, Rabu (21/2/2023).

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/21/07000027/pengguna-android-makin-setia-tidak-tergoda-ganti-iphone

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke