Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Galaxy AI Disebar ke Lebih Banyak HP Samsung Bulan Depan

KOMPAS.com - Samsung memastikan pihaknya bakal memperluas ketersediaan Galaxy AI ke lebih banyak perangkat besutannya. Galaxy AI adalah sejumlah fitur pintar yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk memudahkan aktivitas pengguna lewat smartphone.

Galaxy AI awalnya tersedia di Samsung Galaxy S24 series, saat flagship itu dirilis pada Januari lalu. Nah, sekarang fitur itu diperluas ke smartphone dan tablet Samsung lainnya yang rilis sebelum Galaxy S24 series.

Menurut pengumuman Samsung, Galaxy AI akan tersedia untuk ponsel yang lebih lawas lewat pembaruan One UI 6.1. Beberapa smartphone yang kebagian fitur ini antara lain Galaxy S23, Galaxy Z Fold 5 hingga tablet Galaxy Tab S9. Berikut daftar lengkapnya.

Meski sudah diumumkan resmi, update One UI 6.1 baru akan digulirkan Samsung pada akhir Maret 2024.

Galaxy AI nantinya juga akan diperluas ke perangkat lainnya. Hal ini ditegaskan oleh President and Head of Mobile eXperience Business, Samsung Electronics, TM Roh. Dia berkata bahwa perluasan Galaxy AI saat ini baru tahap awal. Sebab, pihaknya akan meneruskannya ke jutaan perangkat lain.

"Ini hanyalah permulaan dari Galaxy AI, karena kami berencana menghadirkan pengalaman ini ke lebih dari 100 juta pengguna Galaxy pada tahun 2024 dan terus berinovasi memanfaatkan kemungkinan tanpa batas dari AI mobile," kata TM Roh dikutip dari situs Samsung Newsroom, Senin (26/2/2024).

Sayangnya bos divisi mobile Samsung itu tak merinci model perangkat yang akan kebagian Galaxy AI selanjutnya.

Fitur Galaxy AI

Galaxy AI sendiri membawa sejumlah fitur canggih. Salah satunya yaitu fitur Live Translate yang bisa membantu pengguna menerjemahkan percakapan yang berlangsung lewat obrolan di telepon. Berikut rincian fitur Galaxy AI yang debut di Samsung S24 series.

  • Live Translate

Live Translate berfungsi sebagai penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional.

Fitur ini berguna ketika pengguna sedang teleponan dengan teman orang asing. Skenario lain, fitur Live Translate bisa digunakan untuk memesan makanan hingga membuat reservasi restoran di luar negeri.

Sebagai on-device Galaxy AI, fitur ini terimplementasi secara langsung dalam telepon. Dengan begitu, pengguna tak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya. Fitur ini juga diklaim tetap menjaga percakapan tetap aman.

  • Interpreter

Fitur Interpreter memungkinkan dua orang melakukan percakapan secara langsung dalam dua bahasa yang berbeda, misalnya Korea dan Inggris. Nantinya, percakapan akan diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat.

Fitur AI interpreter bisa ditemukan di panel Quick Access. Pengguna akan melihat ikon interpreter. Ketika diklik, pengguna akan melihat dua jendela spilt-screen.

Masing-masing split-screen bisa diatur sesuai bahasa orang yang sedang berbicara. Pengguna bisa mengetuk ikon mikrofon lalu berbicara dalam bahasa ibunya.

Nanti, fitur Interpreter akan menulis transkrip apa yang dibicarakan pengguna. Kemudian ucapan pengguna itu diterjemahkan ke bahasa ibu dari lawan bicara.

Fitur ini berguna bagi pengguna yang bepergian ke luar negeri dan perlu berbicara dengan warga lokal. Misalnya, ketika pengguna memesan makanan di kafe/restoran, menanyakan arah jalan, atau bahkan ketika pengguna harus belajar/bekerja di tempat dengan bahasa yang asing.

Yang menarik, fitur Interpreter ini adalah AI on-device. Artinya, pengguna bisa menggunakan fitur Interpreter secara langsung di ponsel, dengan mengakses jendela "Quick Access".

Karena on-device, seluruh percakapan diproses di ponsel langsung dan tidak membutuhkan jaringan seluler/ internet. Pantauan kami, Interpreter juga bisa menangkap ucapan pengguna, mentranskrip, lalu menerjemahkan dengan cepat dan tepat.

  • Chat Assist

Chat Assist menawarkan opsi terjemahan, rekomendasi gaya penulisan teks, hingga perbaikan ejaan dan tata bahasa pada teks di Google Message, WhatsApp, dan e-mail.

Fitur ini tersedia melalui Samsung Keyboard. Nantinya, pengguna akan melihat ikon bintang khas Galaxy AI di sebelah ikon smile.

Ketika diklik, pengguna akan melihat tiga opsi Chat Assist di layar, yakni Chat translation (terjemahan pesan), Writing style (gaya penulisan), hingga ejaan dan tata bahasa.

Ketika memilih opsi Chat Translation, pengguna bisa menerjemahkan isi chat dari pengirim yang mengirim chat dengan bahasa asing.

Opsi Writing style memberikan pengguna rekomendasi penulisan untuk kalimat yang ingin dituliskan pengguna sebagai balasan. Misalnya, pengguna ingin menuliskan "where are you? (dimana kamu?)" di kolom chat.

Nantinya, fitur Chat Assist akan memberikan rekomendasi gaya penulisan profesional, kasual, sopan, dengan emoji. Bila rekomendasi dirasi cocok, pengguna tinggal mengeklik menu "copy" (salin) atau "insert" (sisipkan) untuk gaya penulisan tertentu.

  • Generative edit untuk foto

Samsung sudah lama menerapkan teknologi AI untuk foto di ponsel Galaxy S-series. Misalnya, adanya fitur object eraser (penghapus objek), shadow remover (penghapus bayangan), hingga remaster foto.

Namun, Samsung S24 series membawa Generative Edit, fitur edit foto yang lebih segar dan mumpuni. Dengan Generative Edit Galaxy AI, pengguna Galaxy S24 series bisa menyelamatkan foto jadi yang dianggap jelek karena angle tak pas, posisi subjek tak pas, hingga objek yang mengganggu.

Untuk menyesuaikan angle, pengguna biasanya memutar, menggeser foto agar angle pas. Namun, masalahnya, kadang, ada latar belakang foto yang mau tak mau terpotong. Di sinilah peran Generative edit, fitur ini bisa mengisi "kekosongan" di latar belakang dengan AI generatif.

Generative AI juga memungkinkan pengguna untuk memindahkan serta membesarkan/mengecilkan objek di dalam sebuah foto jadi.

  • Note Assist

Note Assist bisa membuat ringkasan, terjemahan, dan memperbaiki ejaan pada catatan di aplikasi Samsung Notes. Ada juga opsi "Auto format" di mana Galaxy AI akan mengubah format catatan pengguna menjadi bentuk poin-poin atau format notulen meeting.

Note Assist juga menggunakan teknologi AI membuat cover yang memberi preview singkat untuk tiap catatan.

"Ketika merekam atau membuat transkrip dari audio, Galaxy AI bisa mendeteksi bahasa yang berbeda dalam satu rekaman audio, lalu membuat rangkuman dari apa yang sedang dibicarakan," ujar Heejin Chung, Software R&D Samsung.

Heejin juga menjelaskan dengan fitur Note Assist di Galaxy S24 Series dan S Pen, daftar poin-poin penting dalam sebuah rapat bisa dibuat, dirangkum, dan dibagikan dengan mudah.

  • Transcript Assist

Transcript Assist, teknologi AI ini memungkinkan Samsung S24 Ultra mentranskrip rekaman suara secara verbatim atau kata per kata. Transcript Assist ini juga mampu merangkum dan menerjemahkan rekaman suara.

Fitur ini bekerja secara on-device. Pengguna cukup membuka aplikasi voice recorder di Galaxy S24 series. Kemudian merekam audio. Selanjutnya, buka hasil rekamanan audio dan pilih opsi "Transcribe".

  • Browsing Assist

Samsung juga menghadirkan fitur Browsing Assist di browser bawaan Samsung, "Internet". Pengguna bisa meringkas dan menerjemahkan teks di suatu situs web secara instan.

Saat ini, fitur Galaxy AI ini baru mendukung beberapa bahasa di antaranya bahasa Korea, Inggris, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, China.

MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengatakan, fitur Galaxy AI di atas rencananya akan mendukung bahasa Indonesia pada kuartal dua (April-Juni) mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/26/18000097/fitur-galaxy-ai-disebar-ke-lebih-banyak-hp-samsung-bulan-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke