Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Solusi Smart Highway: Bayar Tol Tak Perlu Berhenti Buka Jendela

Solusi ini diharapkan bisa mempermudah dan mempercepat pembayaran di gerbang tol, dengan memanfaatkan teknologi radio frequency identity (RFID).

"Solusi ini menggunakan teknologi RFID yang memicu agar pintu tom terbuka saat kendaraan mendekat, terintegrasi dengan aplikasi Flo," ujar General Manager - Enterprise Platform, IoT and Network Infrastructure Telkomsel, Gian Wijoyo di acara Solution Day yang digelar minggu lalu.

Solusi ini terdiri atas stiker RFID yang ditempel di bagian depan mobil, sensor yang ditempatkan di gerbang tol, dan pintu tol itu sendiri.

"Stikernya juga berwarna transparan ditempel di lampu mobil, sehingga tidak mengganggu estetika," ujar Gion.

Selain itu, dengan solusi Smart Highway ini, Telkomsel ingin memberikan pengalaman yang lebih seamless bagi pengendara mobil, mereka tidak perlu berhenti, membuka kaca dan menempelkan kartu tol untuk melakukan pembayaran.

Solusi ini juga bakal diintegrasikan dengan aplikasi Let it Flo, solusi pembayaran tol berbasis server dan teknologi RFID.

Pengguna jalan tol tidak perlu berhenti di gerbang tol untuk melakukan pembayaran secara manual. Mereka hanya perlu mengunduh aplikasi Let it Flo dan melakukan sinkronisasi dengan stiker RFID yang ditempatkan di bagian depan kendaraan mereka.

Dalam acara Solution Day 2024 tersebut, Telkomsel juga telah menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Jasamarga Toll Road Operator, untuk melayani pelanggan segmen korporasi dalam menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.

"Telkomsel harus menjadi telco service provider yang bisa empower untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dan akan menjadi andalan untuk setiap individu, rumah dan bisnis," ujar Direktur Utama Telkomsel, Nugroho.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/27/16313917/solusi-smart-highway-bayar-tol-tak-perlu-berhenti-buka-jendela

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke