Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konser Ed Sheeran Jakarta Difoto dengan Zoom 5x Samsung Galaxy S24 Ultra

Sebagai concert go-ers, KompasTekno tak mau ketinggalan. Kami menonton konser Ed Sheeran dari tribun JIS, tepatnya di kategori Orange B. 

Kali ini, kami mengabadikan momen keseruan konser Ed Sheeran dengan ponsel terbaru Samsung Galaxy S24 Ultra.

Tahun lalu, kami menobatkan Samsung S23 Ultra sebagai HP konser karena bisa diandalkan untuk memotret foto dan fancam di berbagai konser seperti di konser Raisa di GBK, konser Agust D (Suga BTS) di ICE BSD, hingga festival Joyland Jakarta di GBK Baseball Stadium.

Nah, ini pertama kalinya kami menonton konser di JIS dan membawa Galaxy S24 Ultra. Selama menonton Ed Sheeran di JIS, fitur favorit dan andalan kami di Samsung S24 Ultra adalah kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x barunya.

Sebenarnya kamera zoom 5x sudah ada di generasi sebelumnya, tapi sebagai zoom digital. Di Samsung S24 Ultra, zoom 5x tersebut hadir sebagai zoom natif dari kamera telefoto 50 MP, bukan hasil crop lagi.

Kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x ini terbilang istimewa karena membawa peningkatan di aspek piksel yang 1,6 kali lebih besar, ditambah dengan Telephoto OIS yang lebih lebar dibandingkan Samsung S23 Ultra. Hal ini membuat pengambilan gambar zoom menjadi lebih cerah dan stabil.

Hal tersebut sangat kami rasakan selama dua jam menonton Ed Sheeran pekan lalu. Kamis bisa memotret Ed Sheeran di atas panggung dengan jernih, terang, dan detail.

Misalnya, saat Ed Sheeran menyanyikan lagu "Don't", panggung dihiasi dengan efek api di sekelilingnya. Kondisi lighting panggung tak sepenuhnya gelap, masih ada cahaya merah dan kuning.

Kondisi lighting ditambah efek api bisa sangat tricky, karena hasil foto bisa terlalu terang dan blur. Namun, Samsung S24 Ultra mampu menangkap gambar dengan baik.

Hasil fotonya pun menjadi terlihat lebih hidup dengan efek semburan api yang "melayang" di udara. Karena panggung Ed Sheeran mengusung model 360 derajat, Samsung S24 Ultra juga mampu menangkap deretan penonton di tribun Orange A (sebrang Orange B) yang menjadi latar belakang foto.

Berikut beberapa foto hasil zoom 5x Samsung S24 Ultra di konser Ed Sheeran. Untuk ukuran foto jarak jauh dari tribun JIS, hasilnya bagus alias "gak ada obat". 

Jadi sebenarnya, di atas kertas, kemampuan zoom optis Samsung S24 Ultra menurun dari zoom 10x (S23 Ultra) menjadi 5x. 

Kini, Samsung S24 Ultra dibekali zoom 10x dalam bentuk zoom digital. Meski angka zoom natif turun, menurut kami, ada satu kelebihan yang dibawa zoom digital 10x di Galaxy S24 Ultra, yakni kameranya kini menjadi lebih terang dan tetap tajam.

Hal itu dimungkinkan karena zoom 10x Samsung S24 Ultra kini merupakan hasil crop dari kamera telefoto 50 MP zoom optis 5x (f/3.4) yang baru. Jadi, bukaan kamera untuk zoom 10x sama besar dengan zoom 5x, sehingga menghasilkan gambar yang sama terang dan tajamnya, seperti gambar di bawah.

Hal ini berbeda dengan Samsung S23 Ultra tahun lalu. Ketika kami berpindah zoom optis dari 3x ke 10x, kamera akan terlihat menjadi lebih gelap.

Ini karena bukaan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x hanya memiliki bukaan lensa (aperture) f/4.9, sedangkan bukaan lensa kamera telefoto 10 MP zoom optis 3x sebesar f/2.4. Jadi, perbedaan cahaya yang masuk ke lensa terlihat cukup jomplang.

Hal ini berbeda dengan zoom 5x ke zoom 10x di Samsung S24 Ultra. Seperti gambar di bawah, kami masih bisa menangkap potret Ed Sheeran dengan lebih dekat, tapi tetap terang dan tajam.

Tahun lalu, kami hampir tidak pernah menggunakan zoom 5x Samsung S23 Ultra, karena zoom 5x masih menggunakan zoom digital. Namun kini, kami bisa tetap mengandalkan zoom 10x dengan kualitas yang lebih bagus, sekaligus mendapatkan fitur kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x yang baru.

Namun, dengan Samsung Galaxy S24 Ultra, kami bisa mengabadikan Ed Sheeran manggung di JIS dengan epik. Hasil foto Ed Sheeran tetap jernih, tajam, dan detail meski diperbesar 5x dan 10x.

Selama menonton konser Mathemathics Tour Ed Sheeran di JIS dengan membawa Samsung S24 Ultra, kami hanya mengandalkan pengaturan bawaan dari aplikasi kamera, tak perlu pengaturan yang ribet.

Kami tinggal "point and shoot" dengan kamera telefoto 10 MP zoom 5x, serta zoom digital 10x. Kami jarang menggunakan mode Pro, karena pengaturan bawaan sudah memuaskan.

Namun, kami memiliki beberapa trik agar membuat foto fokus dan bagus selama mengabadikan konser, yaitu mengunci fokus dan menurunkan exposure. Dengan trik ini, kami bisa mendapatkan foto konser seperti gambar-gambar di atas.

Selengkapnya, foto dan fancam konser Ed Sheeran pakai Samsung S24 Ultra bisa dilihat melalui video pendek di bawah ini.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/06/11000037/konser-ed-sheeran-jakarta-difoto-dengan-zoom-5x-samsung-galaxy-s24-ultra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke