Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Expert RAW Samsung Galaxy S24 Ultra di Konser Ed Sheeran Jakarta Bikin Hasil Foto “Like a Pro”

KompasTekno pun berkesempatan hadir ke acara tersebut dan menonton dari tribun kategori Orange B. Beruntungnya lokasi konser tersebut tidak terlalu jauh dan cukup tengah menghadap panggung.

Tidak ketinggalan, kami juga mengabadikan momen keseruan konser menggunakan Samsung Galaxy S24 Ultra.

Mengingat konser musik pada umumnya minim cahaya dan hanya mengandalkan lampu sorot yang ada di sekitaran panggung, kami menggunakan fitur Expert RAW di Samsung S24 Ultra supaya hasil gambar bisa lebih maksimal, layaknya “pro”.

Namun, kamera Samsung S24 Ultra kini sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding sebelumnya. Misal, kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x terbarunya.

Dengan menggabungkan kamera baru tadi dengan fitur Expert RAW, niscaya hasil gambar yang dihasilkan pasti bisa lebih maksimal. Ditambah, fitur Expert RAW memungkinkan pengguna untuk mengatur shutter speed, aperture, exposure, ISO, tingkar White Balance secara manual.

Nah, hasil uji coba ternyata manjur. Gambar yang dibidik Samsung S24 Ultra menggunakan fitur Expert RAW mampu membuat foto konser lebih ciamik.

Ada bantuan dari teknologi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) sehingga daerah yang terlalu terang (misal lampu sorot) dan bagian yang cukup gelap (daerah penonton) bisa disesuaikan dengan baik.

Bantuan layar LED ini memudahkan penonton melihat Ed Sheeran dengan lebih dekat. Sebab, pengambilan shot kamera di panggung lebih berfokus pada eskpresi close up sang penyanyi.

Saat kamera menyorot wajah Ed yang sedang menghayati lagu yang dinyanyikan, kami sesegera mungkin mengabadikan momen tersebut.

Begini kira-kira hasilnya.

Berdasarkan sepengalaman kami, lensa Super Telefoto menjadi lensa andalan karana [erbesarannya tidak terlalu jauh seperti Wide, juga tidak terlalu dekat. Semuanya terasa “pas”.

Maka dari, selama mengaktifkan mode Expert RAW, kami selalu menggunakan lensa “Super Telefoto”. Walau kamera melakukan perbesaran, hasilnya juga tidak pecah atau mengalami penurunan kualitas.

Hal tersebut bisa terjadi karena kamu mengganti resolusi kamera dari 12 MP menjadi 50 MP. Pengaturan resolusi tadi setidaknya bisa membantu hasil gambar lebih jernih, tajam, dan juga kontras. Hanya saja, pemilihan resolusi 50 MP memakan lebih banyak ruang penyimpanan, ketimbang 12 MP.

Cara menggunakan Expert RAW

Jika Anda ingin mencoba menjajal kebolehan fitur Expert RAW, cara mengaktifkannya dengan mengakses menu Camera. Lalu, geser layar ke arah kanan sampai ke menu “More”. Pilih opsi “Expert RAW”.

Jika sudah aktif, layar kamera bagian bawah akan berubah. Ada berbagai macam opsi pengaturan kamera, seperti ISO, Speed, Exposure, Focus, dan WB (White Balance). Di sana, pengguna bisa mengatur menu kamera secara manual sesuai dengan kebutuhan.

Apabila objek tersebut statis, Anda bisa melakukan pengaturan di fitur Expert RAW terlebih dulu. Misalnya, mengatur shutter speed.

Secara teori, shutter speed atau kecepana rana merupakan hitungan yang menentukan berapa lama sensor kamera mendapat cahaya. Semakin kecil angkanya, (seperti 1/50, 1/30, 1/20, 1/10) semakin banyak cahaya yang masuk dan gambar akan semakin terang.

Akan tetapi, konsekuensinya adalah gambar lebih mudah buram apabila perangkat terguncang. Sebaliknya, jika angkanya semakin besar (misal: 1/100, 1/250, dst), potensi guncangan bisa lebih diminimalisasi, hanya saja, cahaya yang masuk lebih sedikit sehingga lebih gelap gambarnya.

Jika teori tadi diterapkan ke situasi Ed Sheeran menyanyikan lagu tempo lambar, opsi yang cocok adalah shutter speed rendah. KompasTekno menggunakan shutter speed 1/60 untuk memotret panel LED. Apabila hasil gambarnya masih terlihat gelap, alternatifnya bisa menaikkan tingkat ISO.

ISO juga berperan meningkatkan brightness (tingkat cahaya) sebuah gambar supaya hasilnya lebih terang. Teorinya sama, semakin tinggi ISO, hasilnya semakin terang. Adapun semakin rendah, gambarnya juga semakin gelap.

Setelah memahami konsep fotografi di atas, perlu dipastikan tangan Anda stabil saat memotret. Usahakan tangan jauh dari guncangan yang tidak diinginkan. Sebab, acara konser musik adalah momen yang tidak bisa diulang. 

Siapa yang tidak ingin memiliki hasil foto penyanyi favorit dengan maksimal di momen yang tepat?

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/06/17000047/expert-raw-samsung-galaxy-s24-ultra-di-konser-ed-sheeran-jakarta-bikin-hasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke