Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Store Pertama di Malaysia Dibuka 22 Juni 2024

Apple Store perdana di Negeri Jiran itu beralamat di L1.40 The Exchange TRX, Persiaran TRX, Tun Razak Exchange, 55188 Kuala Lumpur. Lokasi ini merupakan jantung distrik keuangan internasional Kuala Lumpur.

"Kami bersiap untuk membuka Apple Store pertama kami di Malaysia. Kami tidak sabar untuk bertemu Anda. Jom (Ayo)!" tulis Apple di laman resmi Apple Malaysia, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (30/5/2024).

Apple belum membagikan desain Apple Store perdananya itu di Malaysia. Namun, akun Instagram dengan handle @malaysia.shoppingmall membagikan carousel berisi 8 foto yang memperlihatkan penampakan luar Apple Store Malaysia.

Lewat posting tersebut, kita bisa melihat bahwa Apple Store perdana Malaysia ini memiliki desain atap yang berundak berwarna abu-abu muda.

Dinding-dinding luar Apple Store Malaysia dihiasi tulisan seperti "Jom" (slang Let's go! dalam bahasa Malaysia), "Malaysia", hingga logo Apple dengan informasi hari pembukaan pada 22 Juni 2024.

Di depan Apple Store, ada plang hitam khas Apple Store, seperti gambar di bawah.

Dengan hadirnya Apple Store fisik secara resmi, konsumen bisa langsung mendapatkan akses ke produk terbaru lebih cepat, mudah, dan lebih banyak dibanding lewat pengecer.

Selain itu, Apple fanboy (sebutan untuk para pencinta gadget Apple) bakal mendapatkan dukungan pelanggan yang lebih naik, termasuk soal bantuan teknis, perbaikan, hingga layanan purnajual (after sales).

Lantas, kapan Indonesia punya toko fisik Apple Store resmi? Hingga saat ini, belum ada informasi resmi kapan (atau apakah) Indonesia akan memiliki toko Apple Store fisik seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Meski begitu, tanda-tanda Apple Store pertama dibuka di Indonesia semakin kuat beberapa waktu belakangan ini.

1. Bikin akun YouTube dalam bahasa Indonesia

Tanda-tanda awalnya berasal dari keberadaan akun YouTube resmi Apple yang berbahasa Indonesia. Akun YouTube dengan handle @AppleIndonesia itu memposting sejumlah video yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Pantauan KompasTekno, akun ini dibuat sejak 22 Desember 2022 lalu. Sampai saat ini, baru ada tiga belas video yang diunggah. Video yang terakhir yang diunggah adalah perkenalan iPhone 15 Pro dengan subtitle bahasa Indonesia.

Di bagian halam profil akun tersebut, tampak bahwa akun YouTube Apple Indonesia ini terafiliasi dengan 15 akun Apple lain, termasuk akun utama Apple. Apple juga masif beriklan di Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia melalui Tiktok, televisi dan juga YouTube Indonesia.

2. Buka lowongan kerja di Indonesia

Tanda-tanda lain muncul pada akhir 2023 lalu. Dari halaman jobs.Apple.com, tampak bahwa Apple tengah membuka lowongan pekerjaan untuk di Indonesia.

Keempat lowongan pekerjaan tersebut adalah untuk mengisi posisi sales. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Sales – Field Engineer, Enterprise & Education,
  • Sales – Carrier Account Manager,
  • Sales – Commercial,
  • Maketing - Hybrid Apple Engineer & Network Administrator,
  • Marketing - Pedagogy Project Manager.

Pantauan KompasTekno, lowongan tersebut sampai saat ini masih tersedia.

Hal ini boleh jadi tanda-tanda kuat bahwa Apple mulai melirik Indonesia sebagai salah satu pasar yang menarik untuk menghadirkan Apple Store.

Saat ini, penjualan perangkat-perangkat Apple di Indonesia masih dipegang oleh distributor seperti iBox dan Digimap.

https://tekno.kompas.com/read/2024/05/30/09000027/apple-store-pertama-di-malaysia-dibuka-22-juni-2024

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke