Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset: Pengguna iPhone Lebih Royal Dibanding Android

Kompas.com - 13/06/2024, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna iPhone (iOS) disebut lebih royal, alias rela mengeluarkan uang banyak, dibanding pengguna Android, ketika membeli sesuatu melalui toko aplikasi di ponsel mereka masing-masing (App Store dan Play Store). 

Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari firma riset aplikasi, SensorTower yang berjudul "Digital Market Index" untuk kuartal I-2024 (Januari - Maret 2024). 

Dalam riset ini, SensorTower mencatat pengeluaran pengguna iPhone secara global di App Store dalam tiga bulan pertama 2024, berkisar di angka 24,6 miliar dolar AS (sekitar Rp 400 triliun).

Angka ini jauh lebih tinggi dari pengeluaran pengguna Android di Play Store di periode yang sama dengan 11,2 miliar dolar AS (sekitar Rp 182 triliun).

Baca juga: 5 Fitur iOS 18 yang Ditiru Apple dari Android

Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (kuartal I-2023), pengeluaran pengguna iPhone di App Store meningkat sekitar 11,5 persen dari angka 22,1 miliar dolar AS (sekitar Rp 360 triliun).

Sementara itu, pengeluaran pengguna Android di Play Store meningkat 5,3 persen dari 10,6 miliar dolar AS (sekitar Rp 178 triliun).

Sensor Tower tidak merinci berapa perbandingan jumlah pengguna iOS dan Android dalam risetnya. Namun, berdasarkan data dari Statista, pengguna Android lebih dominan.

Pangsa pasar Android sebesar 70,71 persen di kuartal I-2024, sementara iOS 28,54 persen di periode yang sama.

Lebih banyak menghabiskan uang di game

Kembali ke pengeluaran pengguna iPhone dan Android di kuartal-I 2024 tadi, meski angka total pengeluarannya berbeda, pengguna iPhone dan Android bisa dibilang kompak.

Pengguna kedua platform itu lebih doyan menghabiskan uang mereka untuk game ketimbang pembelian untuk aplikasi lain.

Pendapatan App Store dari pengguna iPhone untuk game di kuartal I-2024 berada di angka 13 miliar dolar AS (sekitar Rp 211 triliun), sedangkan belanja di aplikasi non-gaming berkisar di angka 11,6 miliar dolar AS (sekitar Rp 189 triliun).

Riset SensorTower terkait consumer spending di App Store dan Play Store di kuartal-I 2024.SensorTower Riset SensorTower terkait consumer spending di App Store dan Play Store di kuartal-I 2024.

Sementara itu di periode yang sama, pendapatan Play Store dari pengguna Android untuk game berada di angka 7,3 miliar dolar AS (sekitar Rp 118 triliun), sedangkan untuk aplikasi non-gaming ada di angka 3,9 miliar dolar AS (sekitar Rp 39 triliun). 

Baca juga: Ini Alasan Pengguna Android Pindah ke iPhone, Menurut Riset

Pengguna iPhone doyan in-app purchase

Hal menarik lainnya dari data SensorTower adalah pengguna iPhone gemar menghabiskan uang mereka di dalam aplikasi dan game ketimbang pengguna Android. 

Perilaku ini bisa dilihat dari data SensorTower yang mencatat bahwa pendapatan App Store di kuartal I-2024 yang berkisar di angka 24,6 miliar dolar AS tadi, berasal dari sekitar 8,4 miliar aplikasi.

Di sisi lain, pendapatan Play Store di periode yang sama yang berkisar di angka 11,2 miliar dolar AS tadi berasal dari 25,2 miliar aplikasi, tiga kali lipat lebih banyak dari total aplikasi di App Store. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com