Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Inovasi

Wow! Pemkot Magelang Bikin 'Mobil Pintar'

Kompas.com - 12/05/2011, 16:20 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Memiliki mobil pribadi yang canggih dan pintar mungkin menjadi impian setiap orang. Konsep seperti itu pula yang sudah sejak lama dikembangkan di banyak negara maju.

Indonesia pun tenyata tak tertinggal. Bahkan, Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah pun melakukan hal serupa. Mereka membuat inovasi baru dengan menciptakan mobil pintar.

Kepala Kantor Litbang dan Statistik Kota Magelang Arif Barata Sakti mengatakan, Pemkot Magelang dalam waktu dekat akan menandatangani perjanjian kerjasama pembuatan mobil pintar.

Pemkot Magelang menggandeng  Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta perusahaan karoseri PT Putra Agung Setya. "Kita merencanakan MOU akan ditandatangani pada tanggal 18 Mei 2011," kata Arif, Kamis (12/5/2011).

Arif menjelaskan, mobil pintar tersebut akan dilengkapi peralatan-peralatan canggih yang akan memanjakan pengendaranya, seperti menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci kontak, tetapi cukup menempelkan jari tangan.

Kemudian saat turun hujan,  pembersih kaca (wiper) otomatis akan menyemprotkan air. Lampu jarak dekat dan jarak jauh juga bekerja secara otomatis. Ia mencontohkan, jika dari arah berlawanan tidak ada cahaya lampu mobil, maka otomatis yang berfungsi lampu jarak jauh. Namun bila ada mobil dari arah depan, maka langsung berganti ke lampu pendek.

"Mobil ini juga akan dilengkapi dengan alat penghemat bahan bakar dan dirancang bukan untuk kecepatan tetapi pada kekuatan," paparnya.

Lebih lanjut Arif memastikan, prototype mobil pintar ini akan muncul pada September 2011, karena pada bulan berikutnya dipamerkan pada pameran produk inovasi.

Ide pembuatan mobil pintar ini, lanjut Arif, karena di wilayah Magelang banyak bengkel karoseri rumahan. Mereka merupakan hasil binaan industri karoseri yang berskala nasional.

Selain itu, Kota Magelang juga memiliki sumber daya manusia yang terampil di bidang teknik serta terdapat sekolah unggulan kejuruan teknik otomotif yaitu SMK Negeri 1 Kota Magelang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com