Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Belum Terdistribusi

Kompas.com - 09/12/2011, 04:56 WIB

Solo, Kompas - Perlengkapan pertandingan ASEAN Para Games hingga Kamis (8/12) belum terdistribusi ke arena pertandingan. Panitia belum dapat memasang perlengkapan pertandingan dan belum melakukan tera terhadap timbangan, meteran badan, dan alat pengukur lompat tinggi.

Geladi bersih perlombaan cabang olahraga atletik terpaksa menggunakan alat-alat yang ada, bukan alat-alat yang akan dipakai untuk ajang ASEAN Para Games (APG) VI/2011, seperti papan skor, balok start, lembing, peluru, dan cakram.

Semestinya atlet atletik Indonesia yang akan berlaga mulai 15 Desember memiliki keuntungan sebagai tuan rumah. Atlet mendapat kesempatan pertama mencoba peralatan dalam simulasi pertandingan sehingga mudah beradaptasi saat lomba.

”Informasi yang kami terima, peralatan baru datang Rabu malam. Itu pun belum semua, meskipun yang belum datang hanya perlengkapan pendukung, seperti gerobak pembawa peralatan,” kata Wakil Ketua Panitia Pelaksana Cabang Olahraga Atletik Narsetyo Utomo, Kamis (8/12).

Menurut Narsetyo, karena belum semua peralatan datang, pihaknya belum bisa mengambil perlengkapan dan peralatan untuk pertandingan. Perlengkapan baru bisa didistribusikan setelah semuanya datang.

Perlu ditera

Menurut Narsetyo, pihaknya membutuhkan beberapa peralatan untuk ditera di Kantor Balai Metrologi Wilayah Surakarta. Ini penting, terutama jika terjadi pemecahan rekor. ”Jangan sampai kalau nanti terjadi pecah rekor tidak diakui hanya karena alatnya belum ditera,” katanya.

Karena itu, ia akan mengirim surat agar diizinkan mengambil beberapa peralatan yang perlu ditera karena proses tera membutuhkan waktu 2-3 hari. Adapun untuk pemasangan perlengkapan lain di arena membutuhkan waktu 1-2 hari.

”Kerjanya seperti orang diburu-buru, kemrungsung, karena perlengkapannya belum ada sehingga belum bisa dipasang,” kata Narsetyo.

Kepala Bidang Cabang Olahraga National Paralympic Committee Abdul Azis mengakui, ada 10 persen peralatan dan perlengkapan tanding yang belum datang. Sementara perlengkapan yang sudah datang disimpan di sebuah gudang sewaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com