Windows 8.1 Kembalikan "Rasa" Windows Tradisional

Kompas.com - 27/06/2013, 09:12 WIB
Tombol The VergeTombol "Start" pada Windows 8.1
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
 
PC MagazineTampilan Start Screen Windows 8.1

KOMPAS.com - Windows 8.1 akhirnya diperkenalkan secara resmi dalam bentuk public beta pada konferensi Build 2013 di San Francisco, Amerika Serikat, hari Rabu (26/6/2013) waktu setempat.

Sesuai dengan informasi yang beredar sebelumnya, versi preview dari sistem operasi Windows teranyar ini mengusung sejumlah perubahan yang bertujuan mengatasi keluhan-keluhan terkait cara interaksi dengan pendahulunya, Windows 8.

"Kami mendapat banyak masukan dari pengguna… termasuk soal cara menjalankan aplikasi seperti dulu (pada versi OS sebelum Windows 8)," ujar CEO Microsoft Steve Ballmer di panggung acara, seperti dikutip dari Engadget.

Maka Microsoft pun "mengembalikan" tombol "Start" yang sempat absen dari Windows 8. Tombol "Start" yang baru ini sebenarnya hanya menampilkan layar Start Screen ala "Metro" ketika di-klik, tetapi Microsoft menambahkan beberapa perubahan untuk menunjang fungsi layar tersebut.

Bila diinginkan, pengguna pun bisa membuat Start Screen menampilkan menu "all apps" untuk sedikit mengembalikan cara kerja tombol Start tradisional. Begitu tombol di klik, semua program bisa langsung terihat. Program baru kini hanya akan muncul di layar all apps sehingga tidak memenuhi tile pada Start Screen.


Hal lainnya yang juga bisa diakses melalui tombol Start pada Windows 8.1 adalah pilihan restart dan mematikan komputer, yang akan muncul begitu tombol tersebut di-klik kanan.

Layar lock screen pun tak luput dari perubahan. Kini pengguna bisa memasang slideshow foto, menerima panggilan Skype, dan mengakses kamera langsung dari  layar tersebut.

Ingin menghindari tampilan "Metro" sepenuhnya? Windows 8.1 pun menyediakan opsi untuk mematikan "hot corner" (charms bar yang akan muncul begitu kursor digerakkan ke pojok kanan atas layar) dan pilihan booting langsung ke desktop.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PC World Sejumlah opsi pengaturan baru pada WIndows 8.1


Baca juga:
Ini Dia, Tampilan Baru Windows 8.1
 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.