Kompas.com - 02/07/2013, 13:50 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Perjalanan panjang Mozilla dalam mengembangkan sistem operasi mobile Firefox OS akhirnya berbuah manis. Ponsel pintar yang berjalan dengan Firefox OS siap dipasarkan.

Mozilla mengumumkan lewat blog resmi, Senin (1/7/2013), bahwa dua ponsel yang berjalan dengan Firefox OS, yakni ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire, siap dikirimkan ke pasar. Namun, produk itu saat ini hanya terbatas di beberapa negara.

Salah satu negara yang menjadi target pemasaran tersebut adalah Spanyol. Ini karena di negara tersebut, Mozilla bermitra dengan operator seluler Telefonica yang siap menjual ZTE Open seharga 69 euro (sekitar Rp 900.000) untuk pelanggan seluler prabayar.

Setelah itu, Mozilla dan mitra pembuat ponsel akan memasarkan produknya ke Amerika Latin, Eropa Tengah, Eropa Timur, dan secepatnya akan masuk Asia.

Selain ZTE dan Alcatel, Huawei dan LG telah berkomitmen mendukung Firefox OS. Raksasa teknologi asal Jepang, Sony, juga membuat ponsel Firefox OS pada awal 2014.

Mozilla tentu berharap Firefox OS dapat menandingi kedigdayaan Android yang begitu mapan. Untuk tahap awal, Mozilla telebih dahulu menjual perangkat dengan harga murah. Harapannya, mereka bisa merebut pangsa pasar ponsel terjangkau berbasis Android, Windows Phone dan Nokia Asha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.