Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2013, 11:14 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan dasar BlackBerry, seperti BlackBerry Messenger (BBM), browsing, e-mail dan media sosial, mengalami gangguan pada 3 Juli 2013 lalu. Perusahaan akhirnya angkat bicara soal penyebab gangguan tersebut.

Director Government Relations BlackBerry Indonesia, Kusuma Lienandjaja menjelaskan, gangguan yang hanya menimpa pengguna di Indonesia saat itu terjadi saat perusahaan sedang melakukan pemeliharaan berkala untuk jaringan BlackBerry.

"Ketika sedang maintenance update, ada konfigurasi yang salah, dan ada juga komponen yang failed. Sehingga, sistem kami tidak berjalan dengan baik," ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (19/7/2013). Sayangnya, Kusuma tak memberi rincian informasi soal konfigurasi dan komponen yang gagal tersebut.

Ia mengatakan, gangguan kali ini berdampak pada tertundanya lalu lintas pesan di BBM serta terhambatnya akses internet yang disediakan operator seluler di Indonesia. BlackBerry mengaku telah menjelaskan masalah tersebut ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Di tahun 2013, layanan BlackBerry tercatat mengalami gangguan sebanyak dua kali, pada 12 Mei dan 3 Juli 2013. Sementara di 2012, BlackBerry mengalami tiga kali gangguan, yakni di bulan Maret, Agustus dan Oktober 2012.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Gangguan Layanan Internet

Baca juga:
Kabel Internet Indonesia Ternyata Sering Dicuri untuk Besi Tua
Terungkap, Pencurian Kabel Bawah Laut Indosat
Mengapa Internet di Indonesia Lambat?
Terendah Se-Asia, Seberapa Parah Koneksi Internet di Indonesia?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.