Unduh Aplikasi Android "Non-Resmi" Kini Lebih Aman

Kompas.com - 02/08/2013, 13:39 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Para pengguna Android memang tidak harus mengunduh dan meng-install aplikasi langsung dari toko digital resmi Play Store. Mereka bisa melakukannya dari pihak ketiga.

Namun, cara seperti ini memang tidak sepenuhnya aman karena bisa saja aplikasi yang diunduh dari luar Play Store sebenarnya adalah malware atau program berbahaya.

Untuk melindungi penggunanya, Google diam-diam telah mempersenjatai Android dengan sebuah fitur pemindai malware dalam layanan Google Play Services. Fitur ini akan secara otomatis bekerja memindai malware, apabila pengguna menginstal APK dari pihak ketiga.

Awalnya, fitur keamanan ini baru hadir di Android versi 4.2 Jelly Bean. Namun, seperti dikutip dari VR-Zone, Jumat (2/8/2013), dengan banyaknya keluhan dan pemberitaan mengenai banyaknya malware di Android, Google pun memutuskan untuk menghadirkan fitur tersebut di versi Android yang lebih rendah, yaitu mulai dari Android 2.3 Gingerbread ke atas.

Sekadar informasi, saat ini pengguna Android 4.2 memang masih belum terlalu banyak, hanya sekitar 10 persen dari keseluruhan sistem operasi Android.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa membuka bagian "Setting". Biasanya, fitur tersebut terletak di bagian "Security". Setelah terbuka, pilihkan opsi "Verify Apps", yang akan bekerja memindai malware setiap pengguna ingin menginstal sebuah aplikasi.

Meskipun begitu, tentunya Anda tetap harus waspada dan lebih berhati-hati dalam memberikan hak akses terhadap suatu aplikasi. Sebaiknya, benar-benar mengerti izin apa yang diberikan kepada aplikasi tersebut. Kebanyakan pengguna tidak membaca dengan baik opsi izin yang diberikan.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber VR-Zone

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X