Microsoft Genjot Grafis Xbox One

Kompas.com - 12/08/2013, 14:51 WIB
Konsol game Xbox One MicrosoftKonsol game Xbox One
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Konsol game Xbox One

KOMPAS.com - Sejak pertama kali diperkenalkan pada Mei lalu, konsol ame Xbox One besutan Microsoft telah mengalami sejumlah perubahan. Contoh yang paling terkenal adalah ditariknya kebijakan mengenai game yang banyak diprotes oleh gamer.

Microsoft pun dikabarkan kembali "mengubah" Xbox One, kali ini dari sisi spesifikasi hardware. Seperti dilaporkan oleh TechRadar, pemroses grafis (GPU) dalam SoC yang dipakai konsol game tersebut telah ditingkatkan  dari 800 MHz menjadi 835 MHz.

Peningkatan yang hanya sekitar 6,6 persen itu terbilang kecil, tapi kenaikan performa sesedikit apapun bisa membantu Xbox One bersaing melawan rival beratnya yang akan meluncur dalam waktu berdekatan: PlayStation 4 (PS4) dari Sony.

Kepala produk Xbox Microsoft Marc Whitten mengatakan bahwa pihaknya telah menguji kestablian GPU Xbox One terkait ditetapkannya frekuensi baru tersebut. Komponen hardware Xbox One sendri tidak diubah, Microsoft hanya menaikkan clockspeed GPU saja.

Dua seteru

Xbox One dan PS4 memiliki spesifikasi hardware yang mirip. Keduanya sama-sama dibekali SoC x86 "Jaguar" dari AMD dengan 8 core CPU yang diperkirakan berjalan pada frekuensi 1,6 GHz.

Perbedaannya terletak pada pemroses grafis milik dua seteru ini, di mana PS4 lebih superior dengan GPU yang memiliki 1152 core, lebih banyak dari GPU Xbox One yang ditanami 768 core.

Bandwith memori PS4 juga lebih besar, dengan 176 GB per detik berbanding 68,3 GB per detik pada Xbox One.

Dari sisi fitur, Xbox One memiliki kelebihan dalam bentuk jaringan cloud Microsoft yang bisa mengambil alih sebagian beban pemrosesan game.

Whitten juga menambahkan bahwa Xbox One memiliki driver grafis yang "dioptimalkan 100 persen" untuk konsol game tersebut. "Hampir semua rekanan konten kami telah memperoleh manfaatnya. Saya pikir hal tersebut telah menghasilkan peningkatan yang berarti."

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber TechRadar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X