Quark, Prosesor "Wearable Gadget" Besutan Intel

Kompas.com - 11/09/2013, 09:05 WIB
Prosesor Quark buatan Intel dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter Aditya Panji/KompasTeknoProsesor Quark buatan Intel dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor Intel mengumumkan keluarga prosesor terbaru berukuran sangat kecil yang diberi nama Quark. Perusahaan itu mengklaim Quark merupakan prosesor System-on-Chip ( SoC) pertama yang dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter (nm).

Seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Aditya Panji, CEO Intel Brian Krzanich, mengatakan, Quark dirancang untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan internet.

Selain untuk komputer pribadi dan perangkat mobile, prosesor Quark juga dibuat untuk peralatan kesehatan dan perangkat yang dipakai di tubuh manusia (wearable device/gadget), termasuk jam tangan dan kacamata pintar. Tak menutup kemungkinan, perangkat macam ini di masa mendatang akan terhubung dengan internet.

"Kami memimpin teknologi manufaktur prosesor dan arsitektur, dan akan terus mendorong produk kami agar mampu mengkonsumsi daya lebih rendah. Strategi kami adalah memimpin di semua bidang komputasi," ujar Krzanich dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Selasa (10/9/2013).

Pada kesempatan ini, Krzanich juga menyatakan fokus Intel untuk membuat prosesor yang mendukung jaringan nirkabel 4G LTE. Ini berarti, prosesor Intel yang memakai basis arsitektur x86, akan bersaing melawan prosesor dengan basis arsitektur ARM yang telah mendukung 4G LTE. Salah satu pemain besarnya, antara lain adalah Qualcomm.

Intel meyakini bahwa bisnis komputasi akan mengarah kepada perangkat yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih fleksibel.

"Ini (Quark-red) merupakan produk terkecil yang pernah kami bangun," kata Presiden Intel Renee James. Ia menjelaskan, Quark memiliki ukuran seperlima prosesor Atom dan 10 kali lebih hemat daya.

CEO Intel Brian Krzanich dan Presiden Intel Renee James, menjadi pembicara inti dalam IDF 2013. Ini adalah penampilan perdana kedua eksekutif itu di IDF, setelah menggantikan CEO dan Presiden Intel sebelumnya, Paul Otellini, yang memutuskan pensiun dini pada Mei lalu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X