Inikah Ponsel Android Buatan Nokia?

Kompas.com - 09/01/2014, 12:23 WIB
Bocoran perangkat ponsel Android Nokia @evleaksBocoran perangkat ponsel Android Nokia "Normandy"
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Bocoran perangkat ponsel Android Nokia

KOMPAS.com — Sejak pengumuman akuisisi divisi handset miliknya oleh Microsoft, rumor mengenai "Normandy", kode nama untuk perangkat Android pertama Nokia, mulai santer terdengar.

Informasi baru pun terus mengalir sehingga ponsel low-end ini tampaknya akan terwujud meski pembuatnya segera diambil alih perusahaan lain.

Salah satu bocoran terbaru yang dikutip oleh Cnet memperlihatkan tiga buah mockup Nokia Normandy yang terlihat menjalankan sistem operasi Android. Antar-mukanya dirombak habis, tetapi OS itu jelas buatan Google.

Para produsen Android memang kerap memermak perangkatnya dengan user interface buatan sendiri, misalnya Samsung yang terkenal dengan TouchWiz dan layanan berbasis suara S Voice.

Nah, Normandy menggunakan kustomisasi interface yang mirip tampang sistem operasi Asha besutan Nokia sendiri, hanya terlihat lebih canggih.

Soal spesifikasinya, bocoran lain yang memuat hasil benchmark AnTuTu Normandy memperlihatkan bahwa perangkat ini diperkuat prosesor Snapdragon 200, OS Android 4.4.1 Kitkat, serta kamera 5 megapiksel. Adapun layarnya berukuran 4 inci dengan resolusi 854 x 480.

Fitur lain, sebagaimana terlihat dalam gambar, mencakup dukungan dual-SIM card, aplikasi Skype bawaan, dan semacam layanan notifikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelanjutan berita tentang Normandy sebenarnya terdengar agak janggal mengingat bisnis mobile Nokia akan segera dibeli oleh Microsoft senilai 7,2 miliar dollar AS, sesuai kesepakatan yang diumumkan September 2013.

Microsoft sebelumnya menjalin kerja sama dengan Nokia untuk memasang OS Windows Phone— yang merupakan pesaing Android—di perangkat-perangkat smartphone buatan produsen asal Finlandia itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.