Tegra K1, Prosesor Mobile Tercepat Saat Ini?

Kompas.com - 19/01/2014, 19:52 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada CES 2014 di Las Vegas minggu lalu, chip mobile terbaru Nvidia, Tegra K1, ternyata menyimpan potensi menjanjikan. Prosesor ini bahkan mampu mengalahkan kinerja dua chip mobile teratas dari produsen lainnya, yaitu Qualcomm Snapdragon 800 dan Apple A7.

Setidaknya itulah kesan yang didapatkan situs Tom's  Hardware melalui pengujian awal terhadap Nvidia Tegra K1. Berdasarkan benchmark dengan sejumlah software, disimpulkan bahwa Tegra K1 lebih berkinerja dibanding lawan-lawannya saat ini.

Tegra K1 dipersenjatai empat buah core ARM Cortex A15 dan sebuah core "pendamping" yang berkecepatan rendah untuk menjalankan tugas-tugas ringan. GPU prosesor ini memiliki 192 buah inti (CUDA core) yang diambil dari seri kartu grafis "Kepler".

Tom's Hardware Hasil benchmark 3DMark Ice Storm Tegra K1 oleh Tom's Hardware

Tom's mengadu Tegra K1 yang tertanam di televisi pintar 4K  Lenovo Thinkvision 28 dengan Apple A7 di smartphone iPhone 5S, Qualcomm Snapdragon 800 di Google Nexus 5, dan Nvidia Tegra 4 di tablet EVGA Tegra Note 7.

Hasilnya, Tegta K1 tampil di urutan terdepan dengan hasil hingga 25 persen lebih baik dibanding pesaingnya pada pengujian 3DMark yang membebani GPU dan CPU. Bahkan, Tom's juga menyebutkan bahwa Tegra K1 mampu "menghadirkan detail di konten yang sebelumnya hanya bisa disajikan oleh PC dan konsol game".

Menariknya, Tegra K1 yang diuji oleh situs tersebut adalah versi underclocked yang berjalan dengan kecepatan lebih rendah dari spesifikasi yang ditetapkan oleh Nvidia. Diperkirakan versi standar dan versi 64 bit (dengan kode nama "Denver") dari Tegra K1 yang akan menyusul diluncurkan bakal memiliki kinerja lebih tinggi lagi.

Tom's Hardware Benchmark Kishonti GFXBench v2.7 Tegra K1 oleh Tom's Hardware
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.