Play Store Absen, Nokia X Belum Bisa BBM-an?

Kompas.com - 25/02/2014, 12:45 WIB
CEO Nokai Stephen Elop memperkenalkan Nokia X dalam konferensi pers di MWC 2014, Barcelona, Senin (24/2/2014) The VergeCEO Nokai Stephen Elop memperkenalkan Nokia X dalam konferensi pers di MWC 2014, Barcelona, Senin (24/2/2014)
|
EditorReza Wahyudi

 

KOMPAS.com - Layanan chat populer BlackBerry Messenger ( BBM), selain di ponsel BlackBerry juga tersedia untuk platform Android dan iOS. Tinggal platform Windows Phone termasuk di dalamnya perangkat besutan Nokia yang belum kebagian layanan ini.

Nah, sekarang Nokia sudah punya ponsel berbasis Android, yaitu Nokia X. Apakah layanan BBM langsung bisa digunakan di perangkat tersebut?

Nokia X memang menggunakan Android namun ia tidak menggunakan layanan Google, salah satunya Play Store dimana aplikasi BBM berada. Aplikasi-aplikasi Android untuk Nokia X sendiri nantinya diunduh dari toko aplikasi Nokia Store.

Beberapa saat setelah peluncuran Nokia X, Senin (24/2/2014), BlackBerry "menjawab" pertanyaan di atas dengan mengumumkan bahwa BBM untuk Windows Phone dan Nokia X akan tersedia di Nokia Store saat smartphone tersebut mulai dipasarkan.

BlackBerry dikabarkan Reuters, Senin (24/2/2014) tengah melakukan pendekatan kepada Nokia agar layanan mereka tersedia di Nokia X.

Langkah tersebut sangat penting baik bagi BlackBerry maupun Nokia, pasalnya BBM telah menyedot banyak perhatian pengguna Android saat pertama kali diluncurkan. Selain itu, BlackBerry nampaknya juga tertarik untuk mengembangkan layanan bisnis korporasinya dalam Nokia X.

Nokia berjanji bahwa semua aplikasi Android bisa dijalankan di Nokia X dengan sedikit perubahan saja yang perlu dilakukan oleh developer.

Nokia juga akan membanjiri toko aplikasinya dengan aplikasi Android populer lainnya. Selain itu, terdapat juga toko aplikasi pihak ketiga yang akan diintegrasikan dengan Nokia Store, sehingga bisa menjadi sumber aplikasi Android lain untuk Nokia X. Pengguna juga bisa memasang aplikasi Android dengan metode sideload menggunakan file .APK.

Selain Nokia, BlackBerry juga melakukan pendekatan yang sama kepada Microsoft, dengan akan menyediakan layanan BBM di platform Windows Phone sebelum musim panas 2014.

Baca tentang


Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X