Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Play Store Absen, Nokia X Belum Bisa BBM-an?

Kompas.com - 25/02/2014, 12:45 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Reuters

 

KOMPAS.com - Layanan chat populer BlackBerry Messenger (BBM), selain di ponsel BlackBerry juga tersedia untuk platform Android dan iOS. Tinggal platform Windows Phone termasuk di dalamnya perangkat besutan Nokia yang belum kebagian layanan ini.

Nah, sekarang Nokia sudah punya ponsel berbasis Android, yaitu Nokia X. Apakah layanan BBM langsung bisa digunakan di perangkat tersebut?

Nokia X memang menggunakan Android namun ia tidak menggunakan layanan Google, salah satunya Play Store dimana aplikasi BBM berada. Aplikasi-aplikasi Android untuk Nokia X sendiri nantinya diunduh dari toko aplikasi Nokia Store.

Beberapa saat setelah peluncuran Nokia X, Senin (24/2/2014), BlackBerry "menjawab" pertanyaan di atas dengan mengumumkan bahwa BBM untuk Windows Phone dan Nokia X akan tersedia di Nokia Store saat smartphone tersebut mulai dipasarkan.

BlackBerry dikabarkan Reuters, Senin (24/2/2014) tengah melakukan pendekatan kepada Nokia agar layanan mereka tersedia di Nokia X.

Langkah tersebut sangat penting baik bagi BlackBerry maupun Nokia, pasalnya BBM telah menyedot banyak perhatian pengguna Android saat pertama kali diluncurkan. Selain itu, BlackBerry nampaknya juga tertarik untuk mengembangkan layanan bisnis korporasinya dalam Nokia X.

Nokia berjanji bahwa semua aplikasi Android bisa dijalankan di Nokia X dengan sedikit perubahan saja yang perlu dilakukan oleh developer.

Nokia juga akan membanjiri toko aplikasinya dengan aplikasi Android populer lainnya. Selain itu, terdapat juga toko aplikasi pihak ketiga yang akan diintegrasikan dengan Nokia Store, sehingga bisa menjadi sumber aplikasi Android lain untuk Nokia X. Pengguna juga bisa memasang aplikasi Android dengan metode sideload menggunakan file .APK.

Selain Nokia, BlackBerry juga melakukan pendekatan yang sama kepada Microsoft, dengan akan menyediakan layanan BBM di platform Windows Phone sebelum musim panas 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com