Punggawa Sony PlayStation Mendadak Mundur

Kompas.com - 07/03/2014, 11:23 WIB
Jack tretton, Presiden dan CEO Sony mengundurkan diri dari jabatannya mulai akhir Maret 2014 wired.comJack tretton, Presiden dan CEO Sony mengundurkan diri dari jabatannya mulai akhir Maret 2014
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sony Computer Entertainment America (SCEA) tiba-tiba mengumumkan pengunduran diri Presiden sekaligus CEO-nya, Jack Tretton. Pengunduran diri Tretton efektif berlaku pada akhir bulan Maret 2014.

Dalam keterangan pers resminya, Sony tidak merinci secara detil alasan pengunduran diri Tretton. Sony hanya menyebut bahwa perusahaan telah setuju untuk tidak memperpanjang lagi kontrak dengan Tretton. Persetujuan itu disebut sebagai hal yang sama-sama menguntungkan kedua pihak.

Perubahan jajaran manajemen Sony Amerika yang tiba-tiba tersebut tentunya mengundang tanda tanya, sebab SCEA yang mengembangkan konsol game PlayStation di Amerika saat ini sedang berada di atas angin. Penjualan konsol game PS4-nya telah menembus angka 6 juta unit dan mengalahkan Xbox One.

Seorang analis dari Wedbush Securities, Michael Pachter mengatakan kepada The Wall Street Journal (6/3/2014) bahwa bisa jadi kepergian Tretton adalah buah dari ketegangan antara dirinya dengan Andrew House, yang menjabat sebagai Head of SCEA mulai September 2011 lalu. Keduanya memang dinilai sudah lama tidak akur.

"Menurut saya, bisa jadi penyebabnya adalah ketidakcocokkan antar keduanya," ujar Pachter.

House sendiri mengungkapkan rasa terimakasihnya yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk Tretton. "Saya mendoakan yang terbaik bagi karirnya (Tretton) di masa depan," tulis House.

Tertton telah bekerja di SCEA dan mengembangkan konsol PlayStation sejak pertama didirikan di Amerika, yaitu pada 1995. "Kepergian saya adalah di saat brand PlayStation sangat kuat," ujarnya.

Posisi Tretton kemudian akan digantikan oleh Shawn Layden efektif mulai 1 April 2014 mendatang. Saat ini pria yang telah bekerja untuk Sony selama 15 tahun itu menjabat sebagai Head of Operation Sony Network Entertainment International.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.