Kompas.com - 20/03/2014, 11:27 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Flappy Bird, game yang mendadak populer di platform iOS dan Android, memang telah ditarik dari toko aplikasi. Pengguna yang belum sempat mengunduhnya terpaksa gigit jari karena tak dapat merasakan game yang bikin nyandu tersebut.

Namun, Don Nguyen, kreator Flappy Bird, punya kabar gembira untuk penggemar game "pipa dan burung" tersebut. Ia menjanjikan akan merilis kembali Flappy Bird ke App Store.

Kabar tersebut disampaikan oleh akun Twitter Todd Moore (@toddmoore), seperti dikutip dari Mac Rumors, Rabu (19/3/2014). Moore menulis tweet bahwa dirinya bertemu dengan Nguyen di sebuah konferensi developer game di San Francisco, dan menanyakan hal tersebut secara langsung.

Menurut Moore, saat ditanya apakah Nguyen akan merilis ulang Flappy Bird, Nguyen berkata, "Ya, tapi tidak dalam waktu dekat".

Sebelumnya dalam wawancara dengan Rolling Stone pada awal Maret, Nguyen juga telah menunjukkan indikasi akan merilis ulang Flappy Bird ke toko aplikasi. Saat itu, Nguyen mengatakan sedang mempertimbangkan apakah ia akan kembali merilis Flappy Bird atau tidak.

Flappy Bird menaiki tangga kepopuleran dengan cepat. Pendapatan Nguyen dari game buatannya itu juga tidak sedikit, setidaknya 50.000 dollar AS (sekitar Rp 600 juta) per hari, dari iklan yang ditampilkan di game tersebut.

Namun, Nguyen terpaksa menghapus Flappy Bird dari toko aplikasi Apple App Store ataupun Google Play Store pada Februari 2014 lalu. Nguyen beralasan, Flappy Bird telah membawa banyak efek negatif, seperti membuat orang kecanduan bermain game.

Semenjak itu, game-game kloningan Flappy Bird bermunculan. Para developer mencoba meniru formula Nguyen dalam menciptakan Flappy Bird, yaitu game singkat yang membuat pemainnya penasaran, serta tampilan iklan yang tidak mengganggu.

Walau Nguyen sudah mengonfirmasi akan kembali merilis Flappy Bird ke App Store, waktunya belum diungkap. Yang pasti, saat Flappy Bird nanti kembali, Nguyen akan memberikan pesan kepada pengguna di game itu agar jangan lupa beristirahat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.