Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2014, 17:17 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Kaspersky Internet Security dinobatkan sebagai solusi perlindungan terbaik menyusul hasil uji ketahanan yang dilakukan pada September 2013 hingga Februari 2014 oleh AV-Test.
Seperti disampaikan dalam keterangan resminya, produk Kaspersky Lab ini meraih skor tertinggi untuk pendeteksian malware sambil tetap mempertahankan beban sistem agar tetap rendah, lebih baik dibanding produk lain yang diuji.

Uji ketahanan AV-Test menguji solusi keamanan Internet selama enam bulan (tiga kali uji, masing-masing dua-bulan).  Pengujian dilakukan di tiga sistem operasi yang berbeda yaitu Windows XP, Windows 7, dan Windows 8.1.

Cara ini disebut berbeda dengan pengujian tradisional yang hanya menunjukkan kemampuan solusi perlindungan di satu waktu tertentu saja.

AV-Test mengevaluasi 24 solusi keamanan dari berbagai vendor dalam tiga kategori:

  • Kategori pertama, Perlindungan, menguji kemampuan gabungan solusi untuk mendeteksi satu set malware acuan dan mengidentifikasi bagian-bagian terbaru dari malware yang belum dikenal.
  • Kategori kedua, Beban Sistem, menunjukkan pengaruh solusi keamanan terhadap kinerja sistem dan mengukur apakah ada pelambatan terhadap penginstalan atau pengeksekusian program, respon situs, dan pengunduhan data.
  • Kategori terakhir, Kegunaan, mengevaluasi keabsahan pengidentifikasian program dan website resmi.

Kaspersky Internet Security meraih skor 17,8 poin dari total 18 poin yang ada. Untuk kategori Kegunaan dan Perlindungan, Kaspersky Internet Security meraih poin 6, poin tertinggi pengujian, untuk masing-masing kategori.

“Kemampuan solusi ini dalam menghindari penggunaan sumber daya sistem secara berlebihan dan menghindari pendeteksian false positive sama pentingnya dengan fungsi utama solusi ini, yaitu untuk mendeteksi dan menetralisir malware,” ujar Oleg Ishanov, Director Anti-Malware Research, Kaspersky Lab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.