Kompas.com - 28/05/2014, 05:36 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - LG G3 resmi diumumkan dalam sebuah gelaran di London, Rabu 28 Mei 2014, pukul 00 dini hari WIB. Slogan yang diusung oleh perangkat ini adalah "Simple is the new smart".

Meski menggunakan istilah "sederhana", fitur yang diusung LG G3 di balik slogan itu adalah fitur yang terbilang "mewah" untuk sebuah smartphone.

Misalnya, layar LG G3 memiliki resolusi Quad HD, kurang lebih empat kali lipat resolusi High Definition. Dengan ukuran layar 5.5 inci, dan resolusi  2560 x 1440, kepadatan pixel LG G3 mencapai 538 ppi.

Hal "mewah" lain yang diusungnya adalah sistem autofokus pada kamera belakangnya yang menggunakan sinar laser. Hal ini diklaim memungkinkan fokus tercapai dalam waktu 0.276 detik, lebih cepat dari kedipan mata di kisaran 0.3 detik.

Dari sisi rancangan bentuk, LG memiliki bezel yang sangat tipis. Hal ini menjadikan sekitar 77 persen bagian depannya berupa layar sentuh, dengan lebar perangkat yang tak jauh berbeda dibandingkan ponsel berlayar 5 inci.

Hal menarik lainnya adalah tampilan sistem operasi Android yang digunakan LG pada G3. Perangkat ini memiliki tampilan custom dengan gaya "flat design". Warna yang digunakan pun diklaim lebih dewasa, dengan menghindari warna primer.

Tertanam di dalam sistem operasi LG G3 adalah fitur bernama Smart Notice. Fitur ini bagaikan asisten pribadi pengguna G3. Misalnya, ia bisa mengingatkan pengguna untuk menelepon kembali seseorang yang tadi menelepon namun tak sempat dijawab atau merekomendasikan aplikasi yang jarang dipakai untuk di-uninstall dari perangkat.

Smart Notice juga bisa memberi rekomendasi berdasarkan ramalan cuaca. Rekomendasinya berbentuk kalimat awam, seperti "you may want to take an umbrella today since it will rain this evening." (Anda mungkin perlu bawa payung, malam ini sepertinya akan hujan).

Bagian belakang LG memiliki permukaan seperti logam (brushed metal) yang diyakini akan terasa nyaman saat disentuh. Bentuknya pun dirancang dengan sudut yang diharapkan bisa membuat perangkat ini enak digenggam.

Perangkat ini diumumkan dalam lima variasi warna: hitam (Metallic Black), putih (Silk White), kuning keemasan (Shine Gold), ungu (Moon Violet), dan merah (Burgundy Red). Belum diketahui warna apa yang akan tersedia di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.