Apple Siapkan Mac Tanpa Prosesor Intel?

Kompas.com - 29/05/2014, 11:53 WIB
Komputer bersistem operasi Mac OS dari Apple Aditya Panji/KompasTeknoKomputer bersistem operasi Mac OS dari Apple
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi komputer desktop bersistem operasi Mac OS dari Apple

KOMPAS.com - Tahun 2005, Apple mengumumkan peralihan prosesor lini komputer Mac dari IBM Power PC ke chip desktop besutan Intel. Hampir sepuluh tahun setelahnya, pergantian itu mungkin akan kembali terjadi.

Kabar terbaru yang dilansir oleh Cnet menyebutkan bahwa Apple sedang mengembangkan sejumlah lini komputer Mac berbasis prosesor ARM. Arsitektur ARM selama ini dipakai Apple pada chip gadget mobile buatannya, termasuk iPhone, iPad, dan iPod.

Model-model komputer mac yang dikabarkan bakal berganti prosesor ke ARM antara lain Mac Mini, iMac, dan lini laptop Macbook 13 inci. Komputer-komputet tersebut disinyalir akan menjalankan sistem operasi Mac OS versi lain yang dirancang agar bisa berjalan di atas arsitektur ARM.

Selain itu, Apple juga disebutkan bakal melengkapi Mac berbasis ARM dengan keyboard baru yang memiliki area "Magic Trackpad" berukuran besar.

Ketika mengumumkan iPhone 5S September tahun lalu, Apple memang sempat mengklaim bahwa chip 64-bit A7 (berbasis ARM) yang tertanam di perangkat itu mengusung arsitektur yang "sekelas dengan prosesor desktop".

Situs AnandTech pernah menelusuri chip A7 beberapa waktu lalu dan menemukan bahwa klaim Apple tersebut ternyata ada benarnya.

Jika chip mobile berikutnya (A8) dari Apple dibekali 4 buah inti, maka boleh jadi prosesor tersebut akan memiliki "tenaga" yang memadai untuk menjalankan sebuah sistem Mac low-end, paling tidak secara teoritis.

Tak diketahui apakah Apple benar-benar akan mengalihkan sebagian produk komputernya ke arsitektur ARM atau tidak. Yang jelas, kabar serupa sebenarnya sudah pernah mengemuka beberapa tahun lalu, pada 2011.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X