Kompas.com - 04/06/2014, 12:20 WIB
Prosesor Intel Core i7-4790K versi Oik Yusuf/KompasTeknoProsesor Intel Core i7-4790K versi "Engineering Sample" terpasang pada motherboard berbasis chipset Intel seri 9.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
TAIPEI, KOMPAS.com - Sembari menunggu kehadiran keluarga prosesor Core i Generasi Kelima (Broadwell), Intel memperkenalkan model prosesor desktop baru bernama Core i7-4790K.

Prosesor yang memiliki kode "Devil's Canyon" itu diperkenalkan secara resmi oleh Presiden Korporat Intel Renee James pada sesi keynote Computex 2014 di Taiwan, Selasa (3/6/2014).

Fitur yang ditonjolkan Intel Dari Core i7-4790K adalah frekuensi kerjanya yang mencapai angka 4 GHz dalam kondisi default alias standar dari pabrik.

Sebelumnya, kecepatan itu hanya bisa dicapai oleh prosesor Intel saat berada dalam mode "Turbo" atau ketika di-overclock.

"Ini adalah prosesor pertama dengan empat core yang berjalan pada kecepatan 4 GHz," ujar James saat berbicara di panggung.

Dia menambahkan bahwa frekuensi Core i7-4790K masih bisa digenjot lebih jauh lagi melalui teknik overclocking yang dibuat mudah dengan faktor pengali (multiplier) bersifat terbuka.

Secara arsitektur, Core i7-4790K sebenarnya tak berbeda dari para pendahulunya, masih dengan basis "Haswell" seperti yang terdapat pada keluarga Intel Core i Generasi Keempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya saja, Intel memodifikasi sejumlah aspek dari prosesor tersebut, seperti penghantar panas (thermal interface) yang diklaim mampu menurunkan suhu operasi dan pengatur daya yang mencegah terjadinya fluktuasi voltase atau "droop".

Core i7-4790K menggunakan kemasan socket LGA 1150 dan kompatibel dengan motherboard berbasis chipset seri 9 atau Z87.

Pihak Intel mengatakan bahwa prosesor ini dimaksudkan sebagai pengganti chip generasi sebelumnya, Core i7-4770K dan akan dihargai sama. Sebagai informasi, Core i7-4770K dibanderol pada kisaran harga Rp 3,9 juta di pasaran Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.