Berita di Internet Semakin Laku di Inggris

Kompas.com - 30/06/2014, 08:40 WIB
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Jumlah orang yang menggunakan situs internet dan aplikasi untuk mengetahui berita telah mengalahkan jumlah pembaca surat kabar cetak di Inggris, menurut badan pengamat media Inggris (OFCOM).

Kajian Pemakaian Berita Tahunan OFCOM mengisyaratkan 41% penduduk menggunakan internet agar tetap mengetahui berita, sementara 40% membaca koran.

Tetapi laporan ini mengisyaratkan TV tetap sebagai sumber berita yang paling populer dengan sekitar 75% penduduk Inggris masih menggunakan TV sebagai sumber berita.

Meskipun internet tidak bisa dinyatakan sebagai di peringkat teratas, kajian ini mengisyaratkannya sebagai media yang paling cepat berkembang.

Radio adalah satu-satunya media lain yang mengalami peningkatan setahun terakhir.

OFCOM mengisyaratkan 36% penduduk Inggris mendengarkan radio, naik sedikit dibandingkan 35% di tahun 2013.

Sementara itu internet mengalami lonjakan dari 32% menjadi 41%.

Badan ini memandang generasi muda yang kemungkinan besar menyebabkan kenaikan penggunaan internet.

Sekitar 60% dari kelompok umur 16-24 tahun menyatakan mereka menggunakan Facebook, Whatsapp, Twitter dan sumber-sumber lain untuk mengikuti perkembangan berita. (BBC Indonesia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.