Rakuten Beli Saham AirAsia

Kompas.com - 02/07/2014, 07:29 WIB
Rakuten
Meski terkenal sebagai penyedia layanan e-commerce, Rakuten juga membuka Rakuten Cafe
KOMPAS.com - Perusahaan yang terkenal dengan layanan e-commerce, Rakuten, telah mengumumkan pembelian sebagian saham AirAsia Japan. Jumlah yang disepakati mencapai 18 persen.

AirAsia Japan adalah maskapai penerbangan murah (low cos carrier) bagian dari jaringan AirAsia yang akan diluncurkan di Jepang.

Jenis maskapai yang sering dijuluki budget airline ini memang cukup populer, terutama di Asia Tenggara di mana pasarnya mencapai 52 persen.

AirAsia Japan akan mencoba menangkap peluang serupa, awalnya untuk penerbangan domestik sebelum berkembang ke rute lain.

Rakuten melalui pembelian ini bermaksud memperkuat Rakuten Travel, sebuah layanan perjalanan yang dikatakan telah memiliki 29.250 hotel sebagai anggotanya.

Di Indonesia, Rakuten hadir lewat Rakuten Belanja Online. Diluncurkan sejak Juni 2011, layanan itu kini telah berusia tiga tahun.

“Sebagai pelopor marketplace B2B2C, Rakuten tetap berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi dan layanan yang inovatif, saat memperluas ekosistem untuk memberikan nilai yang lebih besar bagi bisnis kecil dan pelanggan di Indonesia,” kata Yasunobu Hashimoto, General Manager Rakuten Belanja Online.

Rakuten E-Commerce Index 2014 mengungkap bahwa perdagangan melalui perangkat mobile menjadi kekuatan yang mendorong pertumbuhan e-commerce Indonesia – 25% dari pebelanja Indonesia belanja dari ponsel cerdas dan 15,5% dari tablet.

Dibandingkan data E-commerce Index tahun lalu, data ini menunjukkan peningkatan dua kali lipat pada pebelanja online yang menggunakan ponsel cerdas dan lima kali lipat pebelanja yang menggunakan tablet.

Pertumbuhan ini terlihat juga dari kunjungan ke situs mobile RBO dan pemesanan secara mobile, yang meningkat masing-masing sebesar 546,8% dan 587,1%, dari kuartal 1 2013 ke kuartal 1 2014.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisOik Yusuf
EditorWicak Hidayat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X