Penggemar Game, Komik, & Film Kumpul di Popcon Asia 2014

Kompas.com - 20/09/2014, 10:01 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Pintu masuk menuju area penyelenggaraan Popcon Asia 2014 di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival popular culture tahunan Popcon Asia kembali digelar. Acara bertajuk “Be Pop, Be You” tersebut dilangsungkan di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta Selatan, pada 19-21 September 2014.

Popcon Asia 2014 yang menandai tahun ketiga diselenggarakannya festival ini menghadirkan para pelaku industri kreatif baik lokal maupun internasional dari aneka bidang, mencakup game, animasi, film, mainan, hingga ilustrasi dan komik.

Menurut Event Director Popcon Asia 2014 Grace Kusnadi, secara keseluruhan terdapat 116 eksibitor yang berpartisipasi dalam Popcon Asia 2014.

“Kami ikut menggandeng peserta dari 10 negara asing, yaitu Amerika, Australia, Belanda, Malaysia, Filipina, Hong Kong, Korea, Perancis, Thailand, dan Singapura,” ujar Grace ketika ditemui di sela acara.

oik yusuf/ kompas.com
Salah satu sudut dalam area acara Popcon Asia 2014 yang diisi oleh stand komunitas penggemar pop culture

Di samping itu, Popcon Asia 2014 mendapat dukungan dari Kedutaan Perancis melalui Institute Francais Indonesia dan Kedutaan Korea Selatan melalui Korean Cultural Centre.

Sejumlah pembicara internasional dihadirkan untuk mengisi acara Popcon Asia 2014, di antaranya pengembang komik Marvel Comics Harvey Tolibao dari Filipina, seniman Nakanari dari AS, dan pengembang game Ubisoft.

Dari Indonesia, ada tokoh-tokoh seperti komikus DC dan Marvel Comics Ardian Syaf serta Sutradara Hanung Bramantyo.

Iwan Harun dari KCB Convex selaku penyelenggara mengatakan bahwa Popcon 2014 diharapkan bisa menarik hingga 30.000 pengunjung dalam tiga hari penyelenggaraannya, naik dari angka 20.000 yang tercatat tahun lalu.  

oik yusuf/ kompas.com
Pengunjung bermain boardgame di area khusus yang disediakan di Popcon Asia 2014

“Biasanya para pengunjung kami adalah para penggemar pop culture seperti game, mainan, dan komik yang berusia 15-35 tahun. Tapi kali ini juga mencakup anak-anak karena ada materi yang sesuai seperti Pororo dan Bima X,” sebut Iwan ketika berbincang dengan KompasTekno.  

Daftar agenda Popcon 2014 sendiri mencakup berbagai acara seperti pameran, pertunjukan, hiburan, dan edukasi. Pengunjung juga bisa menemukan area khusus untuk bermain aneka boardgame dan cardgame.

Popcon Asia 2014 turut menginisiasi pemberian RA Kosasih award sebagai bentuk apresiasi kepada komikus Indonesia serta menggelar ajang pemilihan “ratu geek” Popbabes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.