Kompas.com - 14/11/2014, 09:52 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan pengguna perangkat mobile di Indonesia diakui sangat tinggi di Indonesia. Bahkan, menurut survei lembaga Gfk, Indonesia dinobatkan sebagai pengguna smartphone terbesar di Asia Tenggara.

Hal tersebut tentunya membuka peluang bagi para mobile marketer untuk menggaet calon pelanggannya melalui media digital, khususnya smartphone. Namun, para pengiklan mobile hendaknya juga bertanggung jawab dan memperhatikan etika dalam beriklan melalui mobile.

"Pemasang iklan mobile harus bertanggung jawab terhadap iklan yang dipasang, para stakeholders juga harus tahu etika," demikian dikatakan Edi Taslim, Ketua Asosiasi Digital Indonesia (IDA) dalam kesempatan diskusi panel di sela ajang Mobile Marketing Association (MMA) Forum 2014 di Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Dicontohkan oleh Edi, saat ini seringkali muncul iklan mobile yang kontennya dirasa kurang tepat, seperti iklan mobile yang tiba-tiba muncul saat pengguna membuka halaman web tertentu. Iklan yang ditampilkan pun kadang memuat foto-foto yang sensual.

Padahal, dengan menyasar pengguna mobile, iklan tersebut bisa diterima oleh pengguna dari semua kalangan umur.

IDA sendiri dijelaskan oleh Edi telah membuat peraturan bagaimana sebaiknya cara beriklan yang baik melalui platform mobile, seperti detil, etika, bagaimana memberikan konten yang bertanggung jawab untuk pengunjung web.

"Pengunjung web juga harus diberi informasi dari mana iklan itu berasal dan apa tujuannya," imbuh Edi.

IDA dan idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia) saat ini memang sedang melakukan kampanye penolakan terhadap praktik iklan yang dianggap mengganggu (intrusive ads), seperti interstitial ads dan offdecks ads yang dilakukan oleh beberapa operator seluler di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.