Kompas.com - 18/11/2014, 10:21 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
J.K. Shin, Co-CEO dan Kepala Bisnis Perangkat Mobile Samsung

KOMPAS.com - Menurunnya bisnis smartphone Samsung Galaxy ternyata juga berimbas pada pendapatan kepala divisi mobile perusahaan asal Korea Selatan itu, J.K. Shin.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari The Wall Street Journal, Selasa (18/11/2014), pendapatan Shin sebesar 689 juta won pada kuartal ketiga tahun ini tercatat menurun dibanding kuartal sebelumnya, di mana dia memperoleh 1,7 miliar won.

Tentu, dengan pendapatan yang nilainya lebih dari Rp 7 miliar itu, Shin masih terbilang kaya raya. Pendapatannya setara dengan CEO Apple Tim Cook yang pada tahun fiskal lalu membawa pulang gaji dan bonus senilai 4,25 juta dollar AS.

Tapi penurunan jumlah uang yang mengalir ke kantong Shin sedikit banyak ikut menggambarkan penurunan bisnis yang dialami divisi mobile Samsung.

Pada kuartal ketiga tahun ini yang berakhir pada 30 September, Samsung melaporkan penurunan laba bersih sebesar 60 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Margin laba operasi divisi mobile yang dikepalai Shin terpangkas menjadi 7 persen di kuartal ketiga, dari hampir 20 persen yang tercatat di kuartal pertama tahun 2014.

Samsung masih menjadi pabrikan smartphone terbesar di dunia. Namun, bisnis mobile perusahaan ini perlahan menurun karena persaingan yang makin memanas dengan merek gadget asal Tiongkok, seperti misalnya Xiaomi yang belakangan tercatat naik peringkat jadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.