Memotret Malam Hari dengan Oppo N3

Kompas.com - 24/11/2014, 13:06 WIB
Ilustrasi Oppo N3 oik yusuf/ kompas.comIlustrasi Oppo N3
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Oppo N3

KOMPAS.com - Dengan teknologi kamera putar otomatisnya, Oppo N3 adalah smartphone yang asyik dipakai untuk memotret selfie. Di kondisi outdoor pun, kualitas tangkapan gambarnya terbilang mumpuni.

Nah, bagaimana hasil jepretan Oppo N3 saat hari menjelang malam?

Ketika mencobanya untuk memotret malam hari, Kompas Tekno menemukan bahwa Oppo N3 ternyata cukup bisa diandalkan dalam skenario low-light. Kualitas gambar memang menurun, tetapi ini tentu hal yang wajar terjadi pada kamera manapun.

Yang lebih penting adalah seberapa jauh penurunan itu terjadi. Layaknya kamera ponsel, Oppo menerapkan mekanisme noise reduction yang agresif pada kamera N3 untuk menutupi bintik-bintik yang timbul saat tingkat sensitivitas sensor didongkrak untuk menangkap gambar dalam kondisi gelap.

oik yusuf/ kompas.com
Pada ISO rendah, Oppo N3 menangkap foto yang kaya detil (f/2.2, ISO 120, 1/17 detik)
oik yusuf/ kompas.com Crop 100 persen dari gambar di atas

Saat tingkat ISO bisa dipertahankan serendah mungkin, pada kisaran ISO 100, misalnya, Oppo N3 mampu menangkap detil yang kaya berkat sensor 16 megapixel yang tertanam di kamera.

Efek noise reduction mulai kentara ketika tingkat sensitivitas melewati ISO 200, terutama di daerah gelap (shadow) pada frame. Noise reduction mengurangi detil yang ditangkap oleh kamera Oppo N3.

Kendati demikian, noise reduction Oppo N3 tak terlalu merusak detil hingga tingkat sensitivitas ISO 800. Terlebih bila gambar dilihat dalam ukuran kecil, sebagaimana yang umumnya terjadi di media sosial dan web. Penurunan detil hanya tampak ketika gambar di-zoom in hingga 100 persen.

oik yusuf/ kompas.com Pada ISO tinggi, detil gambar tampak buram karena noise reduction, namum hasil foto secara keseluruhan masih terlihat bagus dengan saturasi dan kontras yang tinggi (f/2.2, ISO 800, 1/17 detik). Gambar di kanan merupakan crop 100 persen dari area kotak merah pada gambar di kiri

Hal lain seperti saturasi dan kontras dipertahankan tetap tinggi pada kondisi gelap. Tak seperti beberapa kamera smartphone lain yang warna gambar tangkapannya memucat dalam kondisi low-light, Oppo N3 tetap menghasilkan nuansa yang cemerlang.

Lensa berbukaan lebar f/2.2 sedikit membantu dalam memotret di situasi kurang cahaya. Angka itu terbilang standar untuk ukuran smartphone masa kini.

Apabila kondisi terlalu gelap, pemilik Oppo N3 bisa mengandalkan dual tone LED flash yang menyertai unit kamera pada smartphone ini.

oik yusuf/ kompas.com
Perbandingan foto Oppo N3 dengan flash (kanan) dan tanpa flash (model: Hadassah A., host Kompas VIdeo)
oik yusuf/ kompas.com
Perbandingan hasil foto N3 dengan flash (kanan) dan tanpa flash

Tone warna yang dihasilkan oleh flash tersebut cenderung “hangat” atau kekuningan ketika dipakai untuk memotret subyek manusia untuk menguatkan skin tone, serta netral ketika digunakan untuk memotret obyek lain..

Beberapa contoh foto Oppo N3 ketika digunakan untuk memotret dalam kondisi malam hari dan di dalam ruangan dapat dilihat di bawah.

oik yusuf/ kompas.com
Tangkapan gambar Oppo N3 di malam hari masih bisa diandalkan kualitasnya, terutama bila gambar dilihat dalam ukuran kecil
oik yusuf/ kompas.com
Dalam kondisi low-light, warna-warna dalam foto Oppo N3 masih terlihat cerah
oik yusuf/ kompas.com
Contoh hasil tangkapan gambar Oppo N3 dalam kondisi malam hari
oik yusuf/ kompas.com
Contoh hasil foto Oppo N3 di dalam ruangan
oik yusuf/ kompas.com
Contoh hasil foto Oppo N3 di dalam ruangan
oik yusuf/ kompas.com
Contoh hasil foto Oppo N3 di dalam ruangan

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X